Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya minat dan motivasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Minat dipahami sebagai ketertarikan tanpa paksaan yang dapat dipengaruhi oleh penjelasan guru mengenai tujuan dan manfaat kegiatan. Sementara itu, motivasi dijelaskan sebagai dorongan untuk mengubah perilaku, yang dipengaruhi oleh faktor internal (seperti motivasi murni) dan eksternal (seperti pengaruh budaya dan lingkungan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat dan motivasi siswa-siswi kelas 4 dan 5 di SDN Bujel 3 Kota Kediri dalam mengikuti senam aerobic low impact dan senam kreasi maumere pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat fakta serta karakteristik mengenai minat dan motivasi siswa. Sampel penelitian terdiri dari 49 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket yang telah divalidasi, dan data dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa terhadap senam aerobic low impact tergolong tinggi. Pada kelas 4, minat mencapai 33,4% dengan rata-rata skor 60.71, sedangkan pada kelas 5 mencapai 32,1% dengan rata-rata skor 58.93. Motivasi siswa juga tergolong tinggi, dengan kelas 4 mencapai 28,5% (rata-rata skor 39.67) dan kelas 5 mencapai 28,57% (rata-rata skor 36.89). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam menjelaskan tujuan dan manfaat kegiatan senam kepada siswa sangat penting untuk meningkatkan minat dan motivasi mereka. Hal ini sesuai dengan kebutuhan untuk membangkitkan motivasi ekstrinsik agar kegiatan senam dapat lebih menarik bagi siswa. Dengan demikian, tujuan kesehatan dan kebugaran jasmani dapat dicapai dengan lebih efektif melalui partisipasi aktif siswa dalam kegiatan senam aerobic low impact dan senam kreasi maumere.
References
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Dhaifullah, I. R., Muttanifudin H, M., Ananda Salsabila, A., & Ainul Yaqin, M. (2022). Survei Teknik Pengujian Software. Journal Automation Computer Information System, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.47134/jacis.v2i1.42
Dhedhy Yuliawan, R. A. (2021). Legitimasi Esportss dalam Kecabangan Olahraga: Studi Literature Review. Jurnal Literasi Olahraga, 2 (2), April 2021, 90-95, 90-95.
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826
Nasta, T., Nurkholis, M., & Allsabah, M. A. H. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor Terhadap Minat Belajar Siswa se-Kecamatan Lengkong Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 1(1), 29–35.
Puspodari. (2021). Tingkat Volume Oksigen Maksimal Atlet Cabor Konsentrasi Unggulan Senam Puslatkot Kota Kediri Dalam Menghadapi Pekan Olahraga Provinsi 2022. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 207–211. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1296
Puspodari, Setijono, H., Wiriawan, O., Arfanda, P. E., Raharjo, S., Muharram, N. A., Himawanto, W., Allsabah, M. A. H., & Koestanto, S. H. (2022). Comparison of the Effect of High Impact Aerobic Dance Exercise Versus Zumba on Increasing Maximum Oxygen Volume in Adolescent Women. Physical Education Theory and Methodology, 22(2), 166–172. https://doi.org/10.17309/tmfv.2022.2.03
Siregar, I. A. (2021). Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 39–48. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.25