Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kurangnya motivasi belajar di SMP Kristen Tunas Harapan Pare. Metode yang dilakukan adalah metode deskriptif partisipatif dengan observasi proses pembelajaran dan wawancara tidak terstruktur yang dilakukan dengan guru, hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah kurangnya motivasi siswa di SMP Kristen Tunas Harapan Pare yang dibuktikan adanya peserta didik yang keluar kelas tanpa izin, tidak mendengarkan ketika guru sedang menjelaskan materi, dan memberikan banyak alasan untuk menolak arahan dari guru seperti dengan tidak membawa buku dan alat tulis. Tidak adanya buku pegangan dan hanya mengandalkan buku catatan saja untuk belajar, kurangnya minat baca pada peserta didik, dan kurang adanya tantangan dalam mengerjakan soal. Serta latar belakang yang peserta didik.
References
Fathurrohman, P. and M. Sutikno (2011). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami Cet. Ke5, Bandung: PT Rifeka Aditama.
Hidayah, N. & Hermansyah, F. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 87–93. https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1190
Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2015). Evaluasi Perkuliahan Genetika untuk Calon Guru Biologi di Universitas Nusantara PGRI Kediri. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 580-584).
Rahman BP, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, & Yumriani Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.
Santoso, A. M., Amin, M., Sumitro, S. B., & Lukiati, B. (2017). Learning motivation of students during the implementation of lecturing based in silico approach. International Journal of Research & Review, 4(9), 6-9.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rusdikarya
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Uno B. H. 2021. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Setya Ayu Surya Wahyuni, Evi Dwi Rahmawati, Frans Aditia Wiguna, Poppy Rahmatika Primandiri