Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan pembelajaran olahraga sepakbola khususnya pada siswa kelas V MI Hidayatul Mustafidin kecamatan Grogol kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil pengamatan, kemampuan siswa dalam menggiring bola terbilang masih rendah terutama pada siswa kelas V putri. Ini disebabkan karena kurang tertariknya siswa putri terhadap permainan sepakbola sehingga mengakibatkan nilai yang masih di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran zig-zag dapat meningkatkan kemapuan menggiring bola dalam olahraga permainan sepak bola pada siswa MI Hidayatul Mustafidin kecamatan Grogol kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan dilakukan pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Hidayatul Mustafidin kecamatan Grogol kabupaten Kediri dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menggiring bola pada siswa kelas V MI Hidayatul Mustafidin dengan hasil perbandingan ketuntasan hasil belajar pada pra siklus dan siklus I sebesar 70%, dan 29% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil tersebut hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran zig-zag dalam permainan sepakbola pada siswa kelas V MI Hidayatul Mustafidin kecamatan Grogol kabupaten Kediri dikatakan berhasil. Penelitian ini diharapkan untuk: (1) Dijadikan masukan sebagai pembelajaran upaya meningkatkan keterampilan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada siswa dan (2) Bahan referensi yang dapat menambah wawasan serta pengetahuan tentang model pembelajaran zig-zag dalam permainan sepakbola.
References
Agus Lauh, W. D. (2014). DIMENSI OLAHRAGA PENDIDIKAN DALAM PELAKSANAAN PENJASORKES DI SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Olahraga, 3.
Allsabah, M. Akbar Husein, Sugito, Puspodari, & Weda. (2024). Football players’ satisfaction with the quality of services provided by youth football coaching clubs. Sport TK, 13, 1–15. https://doi.org/10.6018/sportk.551561
Arifin, S. (2017). Internalisasi Sportivitas pada Pendidikan Jasmani. Zifatama Jawara.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani (ed.); revisi). PT Bumi Aksara.
Aulia, L. A. (2016). PENGARUH ZIG-ZAG ING TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN PADA PEMAIN SEPAK BOLA USIA 15-18 TAHUN DI SALATIGA TRAINING CENTER KOTA SALATIGA.
Effendi, A. R., & Rhamadhansyah, F. (2017). PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MENGGUNAKAN MODIFIKASI BOLA PLASTIK. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6.
Ihsan Shabih, M., Iyakrus, & Destriani. (2021). LATIHAN ZIG-ZAG TERHADAP KELINCAHAN MENGGIRINGBOLAPADA ATLET SEPAK BOLA. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, 6. https://doi.org/https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1289
Irfan, M., Yenes, R., Irawan, R., & Oktavianus, I. (2020). KEMAMPUAN TEKNIK DASAR SEPAKBOLA. Jurnal Patriot, 2.
Malik, A. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan (1st ed.). DEEPUBLISH.
Kurniawan, A., Yenni, Aziz, Nanang, & Dkk. (2023). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Ariyanto (ed.); cetakan pe). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Sudirjo, E., & Nur Alif, M. (2019). FILSAFAT PENDIDIKAN JASMANI (T. Muhtar (ed.)). UPI Sumedang Press.
Sudarso, & Sukiyani (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V DI SDN BAKALAN WRINGIN PITU BALONGBENDO KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Sudarso, & Sukiyani (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V DI SDN BAKALAN WRINGIN PITU BALONGBENDO KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan