Abstract
Keterampilan abad 21 diwujudkan dalam kurikulum 2013 yang menuntut peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran dan harus memiliki keterampilan pemecahan masalah. Diharapkan peserta didik mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil keterampilan pemecahan masalah berdasarkan Greenstein pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kediri. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket peserta didik keterampilan pemecahan masalah dengan 5 indikator berdasarkan Greenstein memahami masalah (understand the problem), bertukar informasi (brainstorm all possible), menyusun rencana (devise a plan), melaksanakan rencana (carry out the plan), dan evaluasi (evaluate the result) pada materi ekosistem. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada indikator memahami masalah 87%, indikator bertukar informasi 30%, indikator menyusun rencana 33%, indikator melaksanakan rencana 43%, dan indikator evaluasi hasil 37%.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Sonya Getrida Modok, Dwi Ari Budiretnani, Mumun Nurmilawati