Abstract
Pemecahan masalah merupakan suatu keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam memahami suatu masalah. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan profil keterampilan pemecahan masalah peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) menurut Nitko dan Brookhart. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 30 peserta didik yang telah mempelajari materi ekosistem. Instrumen yang digunakan berupa angket kuesioner keterampilan pemecahan masalah yang terdiri dari 4 aspek indikator yakni 1) mengidentifikasi masalah, 2) menentukan tujuan, 3) mengeksplorasi strategi, 4) melaksanakan strategi pemecahan masalah. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan profil keterampilan pemecahan masalah peserta didik dengan persentase rata-rata sebesar 60,25%. Adapun rincian data penelitian keterampilan pemecahan masalah yaitu mengidentifikasi masalah sebesar 80%, menentukan tujuan sebesar 82%, mengeksplorasi strategi sebesar 45%, melaksanakan strategi sebesar 34%.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Risma Ayu Nur Rahma, Mumun Nurmilawati, Poppy Rahmatika Primandiri