Pengaruh Posisi Trigger Magnet Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor
PDF

Keywords

Trigger Magnet
Daya
Torsi
Sepeda Motor

How to Cite

Subandriyo, S. ., Rhohman, F. ., & Istiqlaliyah, H. . (2020). Pengaruh Posisi Trigger Magnet Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 237–242. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.489

Abstract

Dalam dunia otomotif untuk meningkatkan perfoma mesin bisa didapatkan dengan memaksimalkan proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar. Hal ini bisa dilakukan dengan memaksimalkan kinerja dari sistem pengapian dan modifikasi trigger magnet guna untuk meperbesar daya dan torsi yang dihasilkan mesin. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan trigger magnet terhadap daya dan torsi, perubahan trigger magnet yang diberikan adalah 100, 9,50 dan 90 . Data hasil penelitian kemudian dianalisa dengan menggunakan ANOVA dengan uji Normalitas, Identik, Independen dan Main Effect Plot. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukan bahwa  ada pengaruh perubahan trigger magnet mundur 90  menghasilkan daya paling tinggi 6.205 Hp, trigger magnet  mundur 9,50 menghasilkan daya paling tinggi 6.699 Hp, dan trigger magnet standar 100 menghasilkan daya paling tinggi 6.435 Hp, sedangkan  ada pengaruh perubahan trigger magnet mundur 90 menghasilkan torsi paling tinggi 0.61 KG*m, trigger magnet  mundur 9,50 menghasilkan torsi paling tinggi 0.66 KG*m, dan trigger magnet standar 100 menghasilkan torsi paling tinggi 0.64 KG*m.

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.489
PDF

References

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badrawada, I Gusti Gede, 2008, Pengaruh Perubahan Sudut Pengapian Terhadap Prestasi Mesin Motor 4 Langkah, Jurnal Forum Teknik vol. 32.

Fiktor, K, 201, Pengukuran Daya dan Torsi Pada Mesin, dari https://entertainment123fisikaku.wordpress.com, Diakses tanggal 8 November 2016.

Gopal, M.G, dan Rajendra, D.S., 2013, Experimental Study on SI Engine at Different Ignition Timing Using CNG and Gasoline-20% n Butanol Blend, International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, Volume 3, Issue 3, March 2013., Thailand, Chiang Mai University.

Nanlohy, H.Y., 2012, Perbandingan Variasi Derajat Pengapian Terhadap Efisiensi Termal dan Konsumsi Bahan Bakar Otto Engine Be50, Jurnal Dinamika Vol. 3 No.2 Mei 2012, Kendari, Fakultas Teknik Universitas Haluoleo.

Nurliansyah putra, 2013, Pengaruh Jenis Bahan Bakar Dan Variasi Rasio Kompresi Terhadap Torsi Dan Daya Pada Motor Shogun Fl 125 SP 2007 Prodi. Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Pendidikan Teknik Kejuruan, FKIP, UNS Kampus UNS Pabelan JL. Ahmad Yani 200, Surakarta, Tlp/Fax 0271718419 https://eprints.uns.ac.id/15079/, di unduh tanggal 18 Desember 2016.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Susdi Subandriyo, Fatkur Rhohman, Hesti Istiqlaliyah

Downloads

Download data is not yet available.