Holding Time Karburasi Media Arang Tempurung Kelapa Sawit Terhadap Kekerasan Dan Kedalaman Difusi Baja St41
PDF

Keywords

Holding time
karburasi
arang
kekerasan
kedalaman difusi
baja st41

How to Cite

Wibowo, A. ., Rhohman, F. ., & Mufarrih, A. . (2020). Holding Time Karburasi Media Arang Tempurung Kelapa Sawit Terhadap Kekerasan Dan Kedalaman Difusi Baja St41. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 249–256. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.491

Abstract

Pengerasan permukaan dibutuhkan sebagai bahan komponen komponen mesin yang mengalami kelelahan yang disebabkan keausan permukaan akibat beban yang bekerja bolak-balik. mengalami beban kerja berat, karena membutuhkan kekerasan dipermukaan tetapi didalam inti baja tetap ulet. Baja karbon rendah termasuk salah satu jenis baja yang banyak digunakan oleh industri yang memproduksi komponen-komponen mesin seperti: roda gigi, batang piston, poros, mur, baut, rangka kendaraan, ring piston dan lain-lain. Karakteristik baja karbon rendah adalah mempunyai ketangguhan dan keuletan yang tinggi, mudah dibentuk tetapi kekerasannya rendah dan sulit untuk dikeraskan. Proses pelapisan logam dengan carburizing pada baja karbon rendah bertujuan untuk menambah kandungan karbon agar bisa ditingkatkan kekerasannya. Pack carburizing adalah salah satu metode yang digunakan untuk menambah kandungan karbon didalam baja dengan menggunakan media padat. Sumber media karbon sendiri bisa didapatkan dari limbah alam yang banyak tersedia disekitar kita, seperti tempurung kelapa, tempurung kelapa sawit, dan kayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan perubahan kekerasan dan kedalaman difusi bahan baja st 41 setelah diberikan perlakuan panas degngan media donor arang tempurung kelapa sawit, dengan variasi Holding Time dengan 30, 45 dan 60 menit lama karburasi. (2) Menentukan hasil terbaik pengaruh media donor arang tempurung kelapa sawit pada proses perlakuan panas (heat treatment) menggunakan temperature 900˚C untuk mengetahui peningkatan kekerasan dan kedalaman difusi optimum baja St 41.

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.491
PDF

References

Amanto, H & Daryanto. 2006. Ilmu Bahan, Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyanto, E. 2001. Analisa Penggunaan Tempurung Kelapa Untuk Meningkatkankekerasan Bahan Pisau Timbangan Meja Dengan Proses Pack carburizing. Semarang : Universitas Muhammadiyah Semarang.

Sofiyudin, A. 2007. Pengaruh Suhu Carburizing Menggunakan Media Arang Batok Kelapa Terhadap Kekerasan Dan Ketahanan Aus Roda Gigi Baja Aisi 4140. Semarang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Yulianto, 2015. Pendugaan Cadangan Carbon Tersimpan Pada Kelapa Sawit (Elaeis Jarq ) Dan Analisis Kesuburan Tanah Di Perkebunan Pt. Daria Dharma Pratama Ipuh Bengkulu.Tesis. Pascasarjana Institut Pertanian Bogor : Bogor.

Arikunto, Suharsimi. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta Jakarta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Aris Wibowo, Fatkur Rhohman, Am. Mufarrih

Downloads

Download data is not yet available.