Abstract
dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran matematika sekolah dasar dibutuhkan media yang menarik dan menghibur sebagai alat untuk mempermudah dalam pembelajaran. Game edukasi ini diharapkan dapat mepermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran dan mengerjakan soal tentang operasi hitung dasar, operas hitung bilangan, kelipatan dan faktor suatu bilangan, pengukuran matematika, bilangan bulat, dan pecahan. Penulis memilih kelas 4 sekolah dasar karena di umur tersebut siswa cepat tanggap. Metode yang digunakan penelitian menggunaan metode deskriptif kualitatif. Dalam pengacakan soal menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle sedangkan Aplikasi untuk membuat game adalah Unity
References
Desyka A. Amanda, 2019. Aplikasi Mobile Game Edukasi Matematika Berbasis Android, Jurnal SCRIPT Vol. 2 No. 1 Juni 2019.
Tarmidzi, R, 2019. Pengembangan Game Edukasi Matematika (Operasi Bilangan Pecahan) Berbasis Android Untuk Sekolah Dasar. https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/5355, diakses pada tanggal 19 juni 2022.
Rofiqoh, I, .2020. Pengembangan Game Math Space Adventure Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar, Lentera Sriwijaya, Volume 2, No. 1, Mei 2020,
Kurniawan, A. 2018. Rancang Bangun Game Interaktif Petualangan “Kloro” Berbasis Android https://publikasi.unsil.ac.id/index.php/sais/article/view/4, diakses pada tanggal 18 juni 2022.
Setya Nugraha, K. 2018. Rancang Bangun Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IX Berbasis Android” pada tahun 2018, https://publikasi.unsil.ac.id/index.php/sais/article/view/4,diakses pada tanggal 18 juni 2022.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Dava Febrian Wabula; Danang Wahyu Widodo, Patmi Kasih