Sistem Informasi Dan Pelayanan E-tiket Berbasis Website Menggunakan Algoritma FIFO Pada Kawasan Wisata Trenggalek
PDF

Keywords

E-ticket
First In First Out
Sistem Informasi
Website

How to Cite

Jayanto, A. D. ., Niswatin, R. K. ., & Kasih, P. . (2021). Sistem Informasi Dan Pelayanan E-tiket Berbasis Website Menggunakan Algoritma FIFO Pada Kawasan Wisata Trenggalek. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 207–212. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/949

Abstract

Banyaknya tempat wisata di kabupaten Trenggalek membuat pihak pengelola kesulitan terutama dalam hal pengelolaan tiket. Pengelolaan tiket secara manual dan tidak terpusat juga menyulitkan pihak pengelola dalam melakukan pendataan dan laporan. Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian sekaligus terobosan untuk mengatasi masalah tersebut. Sistem e-tiket dirasa mampu dan cocok sebagai solusi untuk masalah tersebut. Selain sistem e-tiket penulis juga menggunakan algoritma FIFO (First In First Out), dimana algoritma ini digunakan untuk menerapkan disiplin antrian yang tidak berprioritas. Algoritma ini menggunakan struktur data. FIFO sendiri merupakan algoritma yang bersifat berurutan dan bergiliran namun tetap pada alur atau jalurnya sesuai dengan yang pertama kali masuk dan kemudian diproses sesuai dengan giliran. Aplikasi ini berbasis web dimana akan menyasar segala lapisan masyarakat sebagai target pasarnya. Dari hasil implementasi, aplikasi dapat mengatasi masalah pada objek wisata di wilayah kabupaten Trenggalek dimana pengunjung dapat memesan tiket secara online serta melakukan pembayaran dan dapat menyimpan tiket cetak di gadget masing-masing. Aplikasi ini dapat menampilkan informasi dan melakukan pengelolaan sistem pemesanan e-tiket secara responsive sesuai dengan kebutuhan pengunjung.

PDF

References

. Damardono, Haryo. 2016. kisah modernisasi e-ticketing KRL Jabodetabek. Jakarta: Buku Kompas

. Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang Barang (Studi Kasus: Distro Zheza Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, IV(2), 107-116.

. Google, 2021. “Google Maps.” Last modified March 21. https://www.google.com/maps/search/wisata+trenggalek/@-8.1880158,111.6930903,14z/data=!3m1!4b1.

. Sinaga, Apul Tua., Syahrizal, Muhammad., Panjaitan, Melda. 2017. Aplikasi Simulasi Antrian Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Menggunakan Metode First In First Out (Fifo) (Studi Kasus Samsat Tamiang). Jurnal Pelita Informatika. Vol 6, No 1: 81-82.

. Nuryanto, Y. (2002). Rencana Bangun Sistem Penjadwalan Produksi Dengan Kombinasi Algoritma Shortest Job First Dan Dynamic Priority Scheduling. STIKOM.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Andin Dwi Jayanto, Ratih Kumalasari Niswatin, Patmi Kasih

Downloads

Download data is not yet available.