Perbaikan Citra Dengan Menggunakan Metode Gaussian Dan Mean Filter
PDF

Keywords

Citra Digital
Filter Gaussian
Filter Mean

How to Cite

Wijaya, P. H. ., Wulaningrum, R. ., & Halilintar, risa. (2021). Perbaikan Citra Dengan Menggunakan Metode Gaussian Dan Mean Filter. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 100–105. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1020

Abstract

Pebaikan kualitas citra ini bertujuan untuk menekan gangguan noise pada citra. Gangguan tersebut biasanya muncul sebagai akibat dari hasil penerokan (awal) yang tidak bagus atau akibat dari saluran transmisi (pada pengiriman data). Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu Gaussian dan Mean Filtering. Citra uji yang digunakan pada penelitian ini menggunakan beberapa sampel gambar gestur tangan. Citra tersebut di-load dan ditampilkan pada Program Phyton. Kemudian dilakukan proses Image Enhacement dengan menggunakan metode Gaussian dan Mean Filtering. Citra digital yang telah dilakukan reduksi noise dengan menggunakan metode Gaussian dan Mean Filtering akan menghasilkan kecerahan dan kualitas gambar yang lebih baik dari citra digital aslinya.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1020
PDF

References

Sunandar, H. (2017). Perbaikan kualitas Citra Menggunakan Metode Gaussian Filter. MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), 2(1), 19-22

Sholihin, R. A., & Purwoto, B. H. (2014). Perbaikan Citra dengan Menggunakan Median Filter dan Metode Histogram Equalization.

Ahmad, U. (2005). Pengolahan citra digital & teknik pemrogramannya.

Jannah, A. (2008). Analisis perbandingan metode filter gaussian, mean dan median terhadap reduksi noise salt and peppers (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Munantri, N. Z., Sofyan, H., & Florestiyanto, M. Y. (2020). Aplikasi Pengolahan Citra Digital Untuk Identifikasi Umur Pohon. Telematika: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, 16(2), 97-104.

Darma, P. (2010). Pengolahan Citra Digital, CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Harismawan, A. F. (2017). Analisis Perbandingan Performa Web Service Menggunakan Bahasa Pemrograman Python, PHP, dan Perl pada Client Berbasis Android (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Putut Hendra Wijaya, Resty Wulaningrum, risa Halilintar

Downloads

Download data is not yet available.