Perbaikan Citra Dengan Menggunakan Metode Gaussian Dan Median Filter
PDF

Keywords

Citra Digital
Filter Gaussian
Filter Median

How to Cite

Rosyidin, C. ., Wulaningrum, R. ., & Rochana, siti. (2021). Perbaikan Citra Dengan Menggunakan Metode Gaussian Dan Median Filter. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 086–092. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1018

Abstract

Perkembangan citra digital di era globalisasi masih meninggalkan permasalahan penurunan kualitas citra yang disebabkan oleh noise. Penelitian ini mempelajari tentang teknik-teknik pengurangan noise dengan menggunakan metode gaussian median filter. Perbaikan citra yang bernoise diproses menggunkan gaussian filter hasilnya masih nampak noise kemudian diproses dengan median filter, sehingga disimpulkan bahwa karateristik noise dapat dikurangi secara signifikan dengan menggunakan filter median. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan perbedaan hasil proses gaussian filter dan median filter  yang terdapat pada citra yang bernoise. Penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu, gaussian filter dan median filter untuk melakukan perbaikan citra, hasil simulasi menunjukkan bahwa kinerja dari metode gaussian dan median filter  mampu mereduksi noise dengan baik dengan hasil gambar sangat tajam dan jelas, sedangkan objek yang digunakan pada penelitian ini adalah citra gesture tangan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1018
PDF

References

Khilmawan, M.R, Riadi, A.A. 2018. Implementasi Pengurangan Noise Pada Citra Tulang Menggunakan Metode Median Filter dan Gaussian Filter . Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika. Vol 03, No 02.

Munantri, N.Z., Sofyan, H., Yanu, M. 2019. Aplikasi Pengolahan Citra Digital Untuk Identifikasi Umur Pohon. TELEMATIKA. Vol 16, No. 2.

Ahmad, Usman. 2005. Pengolahan Citra Digital dan Teknik Pemrogramannya. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha ilmu.

Munir, Rinaldi. 2004. Pengolahan Citra DigitalDengan Pendekatan Algoritmik. Bandung : Informatika.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja grafindo persada.hal. 93.

Sugiarto, dkk. 2001. Teknik Sampling. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lukman, A. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.

Darma, P. 2010. Pengolahan Citra. Yogyakarta: Andi.

Harismawan, A. F., dkk. 2018. Analisis Perbandingan Performa Web Service Menggunakan Bahasa Pemograman Python, PHP, dan Perl pada Client Berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol 2 No 1.

Pinata, N.N.P., Sukarsa, I.M., Rusjayanthi, N.K.D. 2020. Prediksi Kecelakaan Lalu Lintas Di Bali Dengan XGBoost Pada Python. Jurnal Ilmiah Merpati. Vol 8, No. 3.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Cholilul Rosyidin, Resty Wulaningrum, siti Rochana

Downloads

Download data is not yet available.