Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Strategi Penjualan Toko Sepatu
PDF

Keywords

Data Mining
K-means Clustering
Strategi Penjualan Toko Sepatu

How to Cite

Bramasta, F. A. ., & Halilintar, R. (2021). Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Strategi Penjualan Toko Sepatu. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 236–241. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1135

Abstract

Penjualan Sepatu merupakan Barang yang banyak diminati, baik dari kalangan atas maupun kalangan bawah, pria atau wanita disegala usia. Pada Toko Sepatu terdapat beberapa permasalahan yang kerap muncul mengenai penjualan sepatu. Pemilik Toko kesulitan dalam menentukan produk sepatu yang sering terjual dan produk sepatu yang tidak di minati pelanggan sehingga data penjualan tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini Sistem dapat menentukan data untuk mengelompokan tipe sepatu yang terjual menggunakan  Metode K-Means Clustering. K-means adalah salah satu proses metode pengelompokan yang non hirarki yang cara bekerjanya membagi data ke dalam bentuk satu atau lebih cluster. Cluster yang dibuat ada 3 Terlaris, sedang, dan terendah. Data yang akan dianalisa merupakan data penjualan Toko Sepatu Ritelindo. Hasil dari cluster tersebut 4 items tergolong ke dalam kelompok penjualan sepatu Terlaris, 12 items tergolong ke dalam penjualan sepatu  yang sedang, dan 9 items digolongkan ke dalam penjualan sepatu Terendah.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1135
PDF

References

A. Trijaya, “Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (ALFAMART) Makasar,” ISSN 2656-2790, vol. 1, no. 1, pp. 25–32, 2019, [Online]. Available: http://ojs.stie-tdn.ac.id/index.php/mv.

R. Supardi and I. Kanedi, “Implementasi Metode Algoritma K-Means Clustering pada Toko Eidelweis,” JurTI (Jurnal Teknol. Informasi), vol. 4, no. 2, pp. 270–277, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/1444.

H. Annur, “Penerapan Data Mining Menentukan Strategi Penjualan Variasi Mobil Menggunakan Metode K-Means Clustering,” J. Inform. Upgris, vol. 5, no. 1, 2019, doi: 10.26877/jiu.v5i1.3091.

S. Aulia, “Klasterisasi Pola Penjualan Pestisida Menggunakan Metode K-Means Clustering (Studi Kasus Di Toko Juanda Tani Kecamatan Hutabayu Raja),” Djtechno J. Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2021, doi: 10.46576/djtechno.v1i1.964.

Marsono, “Analisis Data Mining Pada Strategi Penjualan Produk PT Aquasolve Sanaria Dengan Menggunakan Metode K-Means Clustering,” Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 2, no. 1, pp. 32–41, 2019.

Fintri Indriyani1, Eni Irfiani2. 2019. Clustering Sales Data at Outdoor Equipment Stores Using K- Means Method). Jurnal Informatika. Vol 7, No 2.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Fajar Ageng Bramasta, Risa Halilintar

Downloads

Download data is not yet available.