Analisis Penerapan Data Minning Untuk Prioritas Stok Barang Di Warkop Kampoeng Dalem
PDF

Keywords

Clustering
K-Means
Website
Prioritas Stok Barang

How to Cite

Ilham, M. ., & Halilintar, R. (2021). Analisis Penerapan Data Minning Untuk Prioritas Stok Barang Di Warkop Kampoeng Dalem. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 216–221. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1061

Abstract

Warkop KampoengDalem merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang bisnis perdagangan penjualan produk makanan dan minuman. Warkop KampoengDalem yang berlokasi di Desa KampungDalem harus menghadapi persaingan bisnis yang ketat untuk menentukan strategi penjualan agar tidak terjadi kesalahan komunikasi dalam menentukan stok penjualan yang paling laku dan kurang laku dibeli oleh pelanggan. Oleh karena itu Warkop KampoengDalem harus melakukan langkah-langkah yang strategis untuk meningkatkan produk penjualan pada pelanggan. Pada pengelompokkan ini pegawai masih kesulitan untuk menentukan stok persediaan barang yang paling laku dan kurang laku sehingga stok barang yang kurang laku akan menimbulkan penumpukan di gudang dan menimbulkan stok kadaluarsa pada stok barang yang akan dijual ke pelanggan, maka dari itu pemilik usaha harus membuat sistem penghitungan  secara kelompok untuk menentukan barangyang laku dan kurang laku dibeli pelanggan dengan menggunakan metode K-Means Clustering, untuk mengatasi beberapa masalah yang mucul  mengenai penjualan stok barang agar data stok barang dapat dioptimalkan penjualannya. Pemilik usaha harus melakukan analisis data sebelum produk dijual ke pelanggan untuk mendapatkan hasil penjualan produk yang terlaris. Pegawai juga harus menginputkan beberapa stok barang yang sudah dibeli oleh pelanggan, ada beberapa stok barang yang dijual ke pelanggan seperti Gooday, Toramoka, Kapal Api, Estrajoss, White Kopi, dan sebagainya. Untuk mempermudah menentukan prioritas produk yang laris maka pegawai akan melakukan observasi dan wawancara untuk mempermudah pengumpulan data. Dengan adanya metode K-Means Clustering ini diharapkan prioritas stok barang yang kurang laku dapat menentukan alternative lain agar produk yang menumpuk di gudang dapat terjual kembali.  

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1061
PDF

References

A. Shiddiq, R. K. Niswatin, and I. N. Farida, “Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan Klasifikasi Decision Tree,” Gener. J., vol. 2, no. 1, p. 9, 2018.

F. Indriyani and E. Irfiani, “Clustering Data Penjualan pada Toko Perlengkapan Outdoor Menggunakan Metode K-Means,” JUITA J. Inform., vol. 7, no. 2, p. 109, 2019, doi: 10.30595/juita.v7i2.5529.

M. F. Julianto, S. W. Hadi, S. Setiaji, W. Gata, and R. Pebrianto, “Clustering Pencapaian Target Penjualan Rumah Para Karyawan Marketing Menggunakan Rapid Miner Dan Algoritma K-Means,” Bianglala Inform., vol. 8, no. 2, pp. 79–85, 2020, doi: 10.31294/bi.v8i2.8189.

B. Rahmat C.T.I. et al., “Implemetasi k-means clustering pada rapidminer untuk analisis daerah rawan kecelakaan,” Semin. Nas. Ris. Kuantitatif Terap. 2017, no. April, pp. 58–60, 2017.

W. Dhuhita, “Clustering Menggunakan Metode K-Mean Untuk Menentukan Status Gizi Balita,” J. Inform. Darmajaya, vol. 15, no. 2, pp. 160–174, 2015.

B. M. Metisen and H. L. Sari, “Analisis clustering menggunakan metode K-Means dalam pengelompokkan penjualan produk pada Swalayan Fadhila,” J. Media Infotama, vol. 11, no. 2, pp. 110–118, 2015.

Y. D. Darmi and A. Setiawan, “Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk,” J. Media Infotama, vol. 12, no. 2, pp. 148–157, 2017, doi: 10.37676/jmi.v12i2.418.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Muhammad Ilham, Risa Halilintar

Downloads

Download data is not yet available.