Penerapan Metode Naive Bayes Untuk Klasifikasi Penentuan Penerima Bantuan PKH
PDF

Keywords

Data Minning
Kemiskinan
Klasifikasi
Laplace Correction
Naive Bayes.

How to Cite

Setiawan, D. A. ., Halilintar, R., & Wahyuniar, L. S. . (2021). Penerapan Metode Naive Bayes Untuk Klasifikasi Penentuan Penerima Bantuan PKH. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 249–254. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1137

Abstract

Kemiskinan merupakan hal yang sudah biasa di indonesia berbagai cara telah dilakaukan oleh pemerintah untuk mengatasi kemiskinan di indonesia, salah satu caranya yaitu dengan membuat sebuah program bantuan bernama Program  Keluarga Harapan (PKH) dimana program  bantuan ini diperuntukkan untuk rakyat miskin guna menanggulangi masalah kemiskinan  di Indonesia. Tetapi dalam proses penyalurannya mempunyai banyak permasalahan mulai dari data yang digunakan tidak sesuai dengan yang ada dilapangan kemudian data tidak sinkron, adanya pemalsuan atau kecurangan data, kemudian masyarakat merasa direpotkan karena untuk mengecek apakah mereka menerima bantuan PKH harus datang ke desa atau ke dinas sosial. Penelitian ini dibuat untuk memudahkan pemerintah dalam mengklasifikasikan penerima bantuan PKH serta untuk memudahkan masyarakat dalam pengecekan penerima bantuan PKH dengan menggunkan metode naive bayes dan laplace correction dimana dalam metode ini menggunakan kriteria yang telah ditentukan, kemudian proses perhitungan dimulai, setelah selesai perhitungan maka program akan menghasilkan data berupa keterangan penerima atau bukan penerima pada menu klasifikasi penerima PKH. Setelah dilakukan pengujian sistem menggunakan rapid minner dengan menggunakan data yang telah diinputkan menunjukkan tingkat akurasi 60%, recall 25% dan precission sebesar 75% dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem ini masih perlu pengembangan lanjutan agar sistem dapat digunakan dan menghasilkan output data yang lebih akurat.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1137
PDF

References

Annur, H. 2018. Klasifikasi Masyarakat Miskin Menggunkan Metode Naive Bayes. ILKOM Jurnal Ilmiah Volume 10 Nomor 2 Agustus 2018, 6.

Christanto, F. W., dan Sidiq, A. A. 2020. Algoritma Naive Bayes Untuk Penentuan PKH (Program Keluarga Harapan) Berbasis Sistem Pendukung Keputusan (Studi Kasus: Kelurahan Karanganyar Gunung Semarang). Jurnal Riptek Volume 14 No. 1 (65 – 71), 7.

E.A, D. P., Nugroho, D., dan Tomo, S. 2013. Sistem Pakar Untuk Menentukan Rumah Tangga Miskin (RTM) Dengan Metode Naive Bayes. Jurnal TIKomSiN, 6.

Fahmi, I. N., Irawan, R. H., dan Sulaksono, J. 2014. Penerapan Metode Naive Bayes Terhadap Bantuan Sosial Keluarga PraSejahtera. Nusantara of Engineering, Vol. 3 No.2 , ISSN: 2355-6684 , 11.

Lena, Purnia, D. S., & Ratningsih. 2019. Sistem Informasi Penentuan Calon PKH Menggunakan Metode SAW (Studi Kasus PPKH Kab. Tasikmalaya). IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, Vol.5, No. 2, Desember 2019, 14.

Muhajirin, dan Panorama, M. 2017. Pendekatan Praktis Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Idea Press.ComputerApplications in Medical Care. Washington. May 3.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Dian Ade Setiawan, Risa Halilintar, Lilia Sinta Wahyuniar

Downloads

Download data is not yet available.