Sistem Rekomendasi Skincare Menggunakan Metode Content-Based Filtering dan Algoritma Apriori
PDF

Keywords

Sistem Rekomendasi
Content-Based Filtering
Apriori

How to Cite

Nur Safitri, D. A. ., Halilintar, R., & Wahyuniar, L. S. . (2021). Sistem Rekomendasi Skincare Menggunakan Metode Content-Based Filtering dan Algoritma Apriori. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 242–248. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1136

Abstract

Dalam pemilihan produk skincare, konsumen masih sering mengalami kesalahan memilih  karena kurang mengenal tipe/jenis kulit masing-masing serta kurangnya pengetahuan mengenai produk skincare itu sendiri. Sehingga konsumen terkadang kesulitan dalam menentukan produk skincare yang tepat untuk digunakan. Penggunaan skincare yang tidak tepat akan berdampak buruk bagi kulit wajah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sistem yang dapat merekomendasi produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi yang dapat memberikan rekomendasi produk skincare kepada konsumen berdasarkan produk yang disukai sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Content-Based Filtering dan Algoritma Apriori. Proses rekomendasi dilakukan dengan menghitung nilai kemiripan konten suatu item yang menghasilkan rating produk tertinggi hingga terendah dan juga menghitung nilai minimum support serta nilai minimum confidence untuk menentukan aturan asosiasi suatu kombinasi itemset. Hasil dari penerapan metode Content-Based Filtering pada sistem rekomendasi skincare dengan 40 data produk skincare didapatkan hasil rating tertinggi sebesar  0,447 dan menggunakan minimum nilai support=40%, nilai minimum confidence=40% membentuk aturan asosiasi dengan hasil nilai confidence sebesar 88,89%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Content-Based Filtering dan Algoritma Apriori mampu memberikan hasil rekomendasi yang cukup baik.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1136
PDF

References

Fiarni, C., & Maharani, H. 2019. Product Recommendation System Design Using Cosine Similarity and Content-based Filtering Methods. IJITEE (International Journal of Information Technology and Electrical Engineering), 3(2), 42-48.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta, 2017.

Lukas Tommy, Chandra Kirana & Vivi Lindawati (2019). Recommender System Dengan Kombinasi Apriori dan Content-Based Filtering Pada Aplikasi Pemesanan Produk. Register: Jurnal TeknoInfo – Vol.13, No. 2.

Wijaya, A., & Alfian, D. 2018. Sistem Rekomendasi Laptop Menggunakan Collaborative Filtering Dan Content-Based Filtering. Jurnal Computech & Bisnis, 12(1), 11-27.

Badriyah, T., Fernando, R., & Syarif, I. 2018. Sistem Rekomendasi Content Based Filtering Menggunakan Algoritma Apriori. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.

Kusrini dan Emha T Luthfi, Algoritma Data Mining, Yogyakarta, Andi Offset, 2009.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Dwi Ayu Nur Safitri, Risa Halilintar, Lilia Sinta Wahyuniar

Downloads

Download data is not yet available.