Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Alat Transportasi Bagi Anak Usia Dini Berbasis Android
PDF

Keywords

Anak Usia Dini
Akat Transportasi
Augmented Reality
Android

How to Cite

Pristiwanto, R. C. ., Wulaningrum, R. ., & Swanjaya, D. . (2021). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Alat Transportasi Bagi Anak Usia Dini Berbasis Android. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 106–110. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/1021

Abstract

Perkembangan teknologi telah berkembang pesat sehingga memudahkan suatu pekerjaan, dengan adanya teknologi Augmented Reality sebagai bahan pembelajaran akan menjadi lebih mudah. Pada pembuatan aplikasi ini Pengenalan Transportasi untuk anak usia dini ini di buat agar anak tidak bosan dengan gambar gambar yang biasanya disajikan seperti pada buku-buku ataupun majalah, dalam aplikasi ini anak bisa mendengarkan suara-suara dari alat transportasi yang di sajikan sehingga anak tidak bosan dalam mempelajari macam-macam alat transportasi, aplikasi ini menggunakan Unity 3D, Android Studio, Smartphone, dan markerless, markerless digunakan agar penulis tidak menggambarkan secara manual. Penggunaan Augmented Reality juga membuat gambar menjadi lebih jelas dan lebih nyata agar anak dapat belajar dengan jelas dan mudah untuk di pahami.

PDF

References

Sanjaya, W. (2019). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Mubaraq, M. R., Kurniawan, H., & Saleh, A. (2018). Implementasi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Buah-buahan Berbasis Android. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 89-98. Arsyad, A., 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Azuma, R.T., 1997 .A Survey of Augmented Reality, In Presence: Teleoperators and Virtual Environments.Vol 6,No 4.

I. S. Nugraha, K. I. Satoto, and K. T. Martono, "Pemanfaatan Augmented Reality untuk Pembelajaran Pengenalan Alat Musik Piano," Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 2, no. 1

Blackman, Sue. 2011. Beginning 3D Game Development with Unity. New York:Apress

Salim, H.A. Abbas. 2000. Manajemen Transportasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Google Inc. 2016. Android Studio. dari Developers:http://developer.android.com/sdk/index.html

Nazarudin Safaat Harahap. 2012. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.

Salbino, S.2015. Buku pintar gadget android untuk pemula. Jakarta: KunciKom

L. Kamelia,. 2015 Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata. Jurnal Pendidik. Islam, Vol 9, No 1.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Rizal’ Chris Pristiwanto, Resty Wulaningrum, Daniel Swanjaya

Downloads

Download data is not yet available.