Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 5 Kediri pada Mata Pelajaran Biologi dengan Strategi Pembelajaran Group Investigation Berbasis Lesson Study
DOI:
https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.612Keywords:
hasil belajar, Group Investigation, lesson study, pembelajaran BiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan Group Investigation berbasis Lesson Study pada mata pelajaran biologi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan berbasis Lesson study melalui penerapan strategi Group Investigation pada KD 3.9 sampai KD 3.10. Penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 5 (35 siswa) dan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017-2018 antara bulan Maret - April 2018. Data hasil belajar siswa didapat dari soal post test sebanyak 4 soal. Data hasil belajar dianalisis secara deskriptif yaitu dengan membandingkan data dari siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Hasil yang diperoleh antara lain: ada peningkatan hasil belajar yaitu secara berurutan dari siklus 1 sampai 3 adalah 35,11%, 61,04%, 79,47%. Hasil dari penelitian yang dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar melalui penerapan strategi Group Investigation berbasis Lesson Study dikategorikan sangat baik, karena setiap siklus mengalami kenaikan. Lesson learn kegiatan ini adalah hasil belajar siswa dapat mengalami kenaikan dan tim PTK LS mampu saling belajar dalam meningkatkan serta mengembangakan stategi pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Aliwu, Y., Hatibe, A., Rede, A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN No.1 Labuan Bajo. e-Jurnal Mitra Sains. 4 (2):46-53.
Cahyaningrum, R., Parno., Muhardjito. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA. Prosiding Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol. 1: 431-441.
Dewi, R.S. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model GI (Group Invesigation) dengan Media Game Pazzle untuk Meningkatkan Academik Skill dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Jurnal Educaion UNEJ. 2 (3): 1- 6.
Prayitno, T.A., 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Student Teams Achiesvement Divisions Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Morfologi Tumbuhan. Malang: Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo. Jurnal Saintifika. 17 (2): 10-19.
Primasari, Y.A., anggraini, R., Wibowo, B.C.A., Primandiri, P.R., Santoso, A.M. 2015. Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Local Material Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Ketrampilan Metakognisi dan hasil belajar Kognitif Siswa Keals X SMAN I Mojo pada Materi Ekosistem. Bioedukasi. 8 (2): 53-56.
Sari, R.R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Kelas XI IIS 5 Sma Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Susilo, H. Chotimah, H., Sari, Y.D. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan keprofesian Guru dan Calon Guru. Malang: Bayu Media: 12-16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Prosiding Seminar Nasional Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.