Pengaruh Penerapan RQA (Reading, Questioning, and Answering) terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa

Authors

  • Ahya Mujahidin Universitas Negeri Malang
  • Eko Sri Sulasmi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.622

Keywords:

RQA, Pre-Test, Post-Test, Hasil Belajar Kognitif

Abstract

Penelitian bertujuan mengkaji pengaruh strategi pembelajaran RQA (Reading, Questioning, and Answering) terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah mahasiswa S1 Prodi Pendidikan IPA peserta matakuliah Keanekaragaman Makhluk Hidup sebanyak satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, masingmasing kelas dua puluh orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan RQA berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahtiar. 2013. Potensi Pembelajaran yang Memadukan Strategi Think Pairs Share (TPS) dan Reading Questioning anf Answering (RQA) untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA Multietnis di Ternate. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS, 1-7.

Corebima, A. D. 2009. Pengalaman Berupaya Menjadi Guru Profesional. Pidato Pengukuhan Guru Besar pada FMIPA UM. Disampaikan pada Sidang Terbuka Senat UM, tanggal 30 Juli 2009. Malang: UM.

Haerullah, A., & Usman, F.H. 2013. Pengaruh Penerapan Model Reading, Questioning, and Answering (RQA) terhadap Pengetahuan Metakognitif Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi 2(1), 180-184.

Iqbal, M., & Hariyadi, S. 2015. Pengaruh Implementasi Strategi RQA (Reading,Questioning, Answering) pada Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Tahun 2015 Unesa.

Priantari, I. 2014. Pengaruh Strategi RQA Dipadu dengan TPS terhadap kemampuan berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Jember Mata Kuliah Genetika Tahun Akademik 2012-2013. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Downloads

Published

2018-09-22

How to Cite

Mujahidin, A. ., & Sulasmi, E. S. . (2018). Pengaruh Penerapan RQA (Reading, Questioning, and Answering) terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 6(1), 375–378. https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.622