EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMANASAN GLOBAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BAGOR NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.29407/hayati.v7i1.575Keywords:
model pembelajaran discovery learning, keaktifan siswa, hasil belajar siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ipa siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, 3) Untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Materi Pemanasan Global pada siswa kelas VII SMPN 3 Bagor Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMPN 3 Bagor Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 69 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-B sejumlah 23 siswa dan Kelas VII-C sejumlah 23 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan test tertulis dan angket. Kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menghasilkan data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-test. Berdasarkan hasil data angket yang diperoleh, siswa menunjukkan hasil angket pre test berkisar antara 29,46% - 42,51% dan post test 40,09% - 44,92% untuk kelas control sehingga termasuk dalam kategori sedang. Dan untuk kelas eksperimen hasil angket pre test berkisar antara 27,05% - 43,96% dan post test berkisar antara 47,82% - 50,72% dan termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata 4,52 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 8,60 sehingga termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS 25 for windows diketahui taraf signifikansi 5% untuk Dk = 44 nilaii ttabel = 1,68023 dan thitung= 1,739, maka thitung ≥ ttabel. Sehingga dalam perhitungan ini Hα diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA materi Pemanasan Global pada siswa kelas VII SMPN 3 Bagor Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sandi, Maulana. (2014). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pengaruh gaya terhadap gerak benda. Universitas Pendidikan Indonesia, hal 1-8. [Online]. Tersedia: repository.upi.edu perpustakaan.upi.edu. (Diakses pada 03 April 2018).
Septiani, R.D. (2018). Evektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Skripsi dipublikasikan. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suyono & Hariyanto . (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
UUD No 20 Tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional. Diperoleh pada 01 April 2019. Dari sumber http://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2003/20 Tahun2003UU.htm
Widodo., Dkk. (2016). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTS KELAS VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Zainal Arifin, Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), hal. 74
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.