PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTs DARUL HIKAM KENCONG JAMBI BARON TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Mohammad Ma’ruf Habibi STKIP PGRI, Nganjuk
  • Siti Nuremi STKIP PGRI, Nganjuk
  • Yulia Dewi Puspitasari STKIP PGRI, Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.29407/hayati.v7i1.580

Keywords:

model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, keaktifan, prestasi belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah MTs Darul Hikam Kencong Jambi Baron Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas VIII sebanyak 69 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII-A sejumlah 23 siswa dan Kelas VIII-B sejumlah 24 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan test tertulis dan angket. Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik t-test. Berdasarkan hasil nilai angket keaktifan siswa menunjukkan rata-rata sebelum pembelajaran 23,66 dan sesudah penerapan model pembelajaran 32,45 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata sebelum pembelajaran 25,65 dan sesudah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing 39,47 untuk kelas eksperimen. Hasil nilai prestasi belajar siswa menunjukkan rata-rata pretest postest 13,3 untuk kelas kontrol 36,52 untuk kelas eksperimen, berdasarkan hasil prestasi belajar siswa diperoleh nilai thitung = 2,1822 dan ttabel = 1,67943 dengan dk = 45 taraf signifikan 5%. Kemudian keduanya dibandingkan dan dapat dilihat bahwa thitung = 2,1822 > ttabel = 1,67943 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kekatifan dan prestasi belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Darul Hikam Kencong Jambi Baron Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrini, V.S. (2016). The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students’ Learning Outcome: A Theoritical and Empirical Review. Journal of Education and Practice. 7 (3): 38-42.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Djamarah, S.H & Zain A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. 3”’. ed. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdu. G. & Agustina. L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12 (1): 81-86.

Hamzah, B. U & Nurdin, M. (2011). Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pres.

Rizal, H.R. (2011). Langkah-langkah Inkuiri Terbimbing. Diperoleh pada tanggal 01 April 2019. Dari sumber http://sainseditainment.blogspot.com/2011/10/ langkah-langkah-inkuiriterbimbing.html.

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Setiawati, L & Sudira, P. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajarm Praktik Kejuruan Siswa Smk Program Studi Keahlian Teknik Komputer Dan Informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi. 5 (3): 325-339.

Sagala, S. (2010). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

UUD No 20 Tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional. Diperoleh pada 01 April 2019. Dari sumber http://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2003/20 Tahun2003UU.html

Winarsih, E. (2013). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Guided Inquiry Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Vb Sd Bakulan, Jetis, Bantul. eprints.uny.ac.id/15961/1/ESTI2520. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-09-23

How to Cite

Habibi, M. M., Nuremi, . S., & Puspitasari, Y. D. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTs DARUL HIKAM KENCONG JAMBI BARON TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 7(1), 186–196. https://doi.org/10.29407/hayati.v7i1.580