PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII MTs NU JOHO-PACE, NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.29407/hayati.v7i1.579Keywords:
model pembelajaran, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Motivasi Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttestonly control group. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah MTs NU Joho, Pace Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 101 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-B sejumlah 27 siswa dan VII-C sejumlah 27 siswa dengan pengambilan sampel secara tidak random. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi. Kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes.Berdasarkan hasil nilai angket motivasi belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata post-test 82,8 untuk kelas eksperimen dan nilai rata-rata post-test 80,1 untuk kelas kontrol, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 52 maka nilai dari ttabel = 1,67469 dan nilai thitung = 3,851 dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttabel yang berarti Hα diterima dan H0 ditolak. Sehingga “terdapat peningkatan motivasi belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam materi Pencemaran Lingkungan pada siswa kelas VII MTs NU Joho, Pace Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019”.
Downloads
References
Devy, Zulyka. (2012). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading & Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi Vol 1:6.
Ekawati, R., Susetyarini, E., Pantiwati, Y., dan Husamah. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. ISSN 2442-3750,
Vol 1 (3): 295-303. http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikel5358D75838EFEBEDE3E5DA823657C9 C8.pdf
Inayah, Nurul. 2007. Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperatife Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Segiempat Siswa Kelas Vii Smp Negeri 13 Semarang
Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Kemendikbud. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: KementrianPendidikan dan Kebudayaan.
Muliani, Sumardi, dan Munir, A.R. 2015. Motivasi, Komitmen Dan Budaya Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Kursus TOEFL Preparation Pada Pusat Bahasa Universitas Hasanuddin. Jurnal Analisis. ISSN: 2303-100X, Vol 4 (2) hal 190-195.
http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/24612 (Di Akses Pada Tanggal 4 April 2019)
Nurhayati, D. HS, Subiyanto, dan Martini RS, S. 2013. Pengaruh Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbasis Contextual Teaching and Learning. Jurnal Chemistry in Education. ISSN: 2252-6609, Vol 2 (1) hal 1-6.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/1501(Di Akses Pada Tanggal 4 April)
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Kelas IV SDN Kendayaan Blora Tahun Ajar 2012/2013. http://eprints.ums.ac.id/25241/24/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sardinah. (2012). Relevansi Sikap Ilmiah Siswa Dengan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13(2): 70-80.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Keempat. Jakarta: Prenadamedia Group.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Widayati, Ninik Sri & Hafis Muaddab (2012). 29 Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya : CV. Garuda Mas Sejahtera
Wina Sanjaya, 2007, Strategi Pembelajaran, Kencana : Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.