EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 LUBUKLINGGAU

Authors

  • Ivoni Susanti STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Nopa Nopianti STKIP PGRI Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.29407/hayati.v7i1.574

Keywords:

Efektifitas, Hasil Belajar, Pair Checks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas model pembelajaran Pair Checks terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Metode penelitian kualitatif dan menggunakan desain pretest-postest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis menunjukan ada pengaruh model pembelajaran Pair Checks terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 40,20 dan 82,20. Sedangkan nilai rata-rata pretest dan post-test kelas kontrol adalah 43,52 dan 61,81. Hasil tersebut menunjukan ada peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen sebesar 42,00 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 18,29. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Checks efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau

Downloads

Download data is not yet available.

References

Huda.2013. Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Bumi Aksara.

Ridwan. 2008. Metode Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Supriyatna. 2006. Pembelajaran Taksonomi Bloom. Jakarta: Prestasi Pustaka

Suprijono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2012. Metode

Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-09-23

How to Cite

Susanti, I., & Nopianti, N. (2019). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 LUBUKLINGGAU. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 7(1), 236–239. https://doi.org/10.29407/hayati.v7i1.574