PENERAPAN MODEL COOPERATIFE TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII SMPN 3 BAGOR NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.29407/hayati.v7i1.573Keywords:
Cooperatife group investigation (GI ), kerjasama siswa, hasil belajar siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Cooperatife Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kerjasama siswa, 2) untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Cooperatife Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar, 3) untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Cooperatife Tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dalam materi Pencemaran Lingkungan pada siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 3 Bagor Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 69 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-A sejumlah 23 siswa dan VII-C sejumlah 23 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis, angket dan dokumentasi. Kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas Kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil tabulasi nilai angket kerjasama dengan menggunakan model pembelajaran Tipe GI didapatkan nilai rata-rata sebesar 26,43. Sedangkan nilai hasil tes siswa menunjukkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 2,73 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 6,82. berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 44 maka nilai dari ttabel = 1,68023 dan nilai thitung = 2,35057 dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttabel yang berarti Hα diterima dan H0 ditolak. Sehingga “terdapat pengaruh dalam peningkatan kerjasama dan hasil belajar dalam menggunakan model pembelajaran tipe (GI) pada materi Pencemaran Lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bagor Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019”.
Downloads
References
Ambarjaya, B. S. 2008. Model-Model Pembelajaran Kreatif. Bandung: Tinta Emas Publishing.
Apriono, D. 2011. Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Dalam Belajar Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Prospektus. 9(2): 159-172.
Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mahfudz, A. 2012. Cara Cerdas Mendidik yang Menyenangkan Berbasis Super Quantum Teaching. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Mulyono. A. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta. Jurnal MEDTEK 2009
Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. 2012. Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physic Education Journal. 1(1): 1-7.
Riadi, M. 2012. Model Pembelajaran Group Investigation. (Online) (http://www.kajianpustaka.com/2012/10/model-pembelajaran-groupinvestigation.html). Diakses tanggal 5 April 2019 (jurnal pendidikan dan pembelajaran biologi).
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta. Jurnal MEDTEK 2009
Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV.Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV.Alfabeta
Widodo, Dkk. (2016). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTS KELAS VII. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.