PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 NGETOS TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • Alif Bragaswangga Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan PGRI Nganjuk
  • Dian Ariyanto Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan PGRI Nganjuk
  • Purwo Adi Nugroho Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.29407/hayati.v7i1.584

Keywords:

Problem Based learning, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruktion, Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan Model Problem Based Learning, Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan menggunakan model Problem Based Learning dengan yang menggunakan model Direct Instruction terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VII mulai kelas VII-A sampai kelas VII-F, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen sejumlah 32 siswa dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol sejumlah 24 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan test. Teknik analisis data dengan t-test. Nilai rata-rata pre-test kelas kontrol memperoleh nilai 37,50 dan nilai rata-rata post-test memperoleh nilai 61,45 dan nilai rata-rata pre-test 47,03 dan posttest 76,56 untuk kelas eksperimen. Perhitungan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0.0 pada uji paired t-test diperoleh hasil yaitu t hitung sebesar -4,638 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara menggunakan model pembelajaran problem based learning dan menggunakan model pembelajaran direct instruction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Sofan. Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas: Metode, Landasan Teoritis-Praktis dan Penerapannya. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Arikunto, Suharsimi. (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Eveline, Siregar. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Farisi, A., Hamid, Abdul., Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. 2

(3): 283-287.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Garudhawaca

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Kemdikbud. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kemdikbud.

Maryam, E. (2017). Pengaruh Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika SMP N 7 Kota Bengkulu. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 4(1):18-21.

Muhibbin Syah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

R.T.M Sutamirardja. (1978). Kualitas dan Pencemaran Lingkungan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Ramlawati. (2016). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Skripsi dipublikasikan. Pendidikan IPA. FMIPA. Universitas Negeri Makassar.

Ricki M. Mulia. (2005). Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu Rosdakarya.Wisnu Arya Wardhana. (1995). Dampak Pencemaran Lingkungan, Yogyakarta: Andi Offset.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Setyosari, Punaji. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta Kencana Prenada Media.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ARRUZZ MEDIA.

Sofiyah. (2010). Model Pengajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suriani, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di SMPS IT Darul Azhar Aceh Tenggara. Jurnal Biotik, 6(1):63-69.

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widodo., Dkk. (2016). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTS KELAS VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Downloads

Published

2019-09-23

How to Cite

Bragaswangga, A., Ariyanto, D., & Nugroho, P. A. . (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 NGETOS TAHUN AJARAN 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 7(1), 164–172. https://doi.org/10.29407/hayati.v7i1.584