Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 5 Kediri pada Mata Pelajaran Biologi melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis Lesson Study
DOI:
https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.609Keywords:
motivasi belajar, Group Investigation, lesson study, BiologiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran Group Investigation berbasis Lesson Study. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara Lesson Study dan dirancang sebanyak 3 siklus selama semester genap tahun ajaran 2018 dengan melibatkan 1 guru model dan 8 observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 5 (35 siswa). Data motivasi belajar diperoleh dari angket yang diisi oleh siswa setiap akhir siklus. Nilai motivasi belajar siswa tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan membandingkan antara siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata motivasi belajar siswa siklus I dan II mengalami peningkatan yaitu 72% menjadi 72,14%, akan tetapi terjadi penurunan pada siklus III yaitu 71,26%. Penerapan Group Investigation berbasis Lesson Study tidak hanya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa namun guru juga dapat membangun learning community yang bertujuan untuk membuat guru semakin bersemangat meningkatkan kualitas mengajar dari dalam dirinya dan melakukan pembelajaran secara kolaboratif.
Downloads
References
Laila, N., Hariyono, Sumarmi. 2016. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 1 (2): 123-129.
Mudawamah, K.A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Argumentasi Ilmiah Siswa Tentang Ekosistem Kelas VII MTs. Zainul Hasan Pare. Skripsi. Kediri: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Pratiwi & Handhika, J. 2012. Efektivitas Metode Kooperatif GI dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(1): 41-50.
Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sumilah. 2010. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas V SD Negeri Majir Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo Tahun Pembelajaran 2009/2010. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Susilo, H., Chotimah, H., Sari, Y.D. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang : Bayumedia.
Yuliani, Wahyuningtyas, E., Primandiri, P.R., Santoso, A.M. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Local Material (LM) Melalui Lesson Study (LS) untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognisi, Keterampilan Inkuiri, dan Hasil Belajar Siswa Kelas X5 SMAN 1 Mojo Kediri pada Materi Tumbuhan. Prosiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015, 353-358.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Prosiding Seminar Nasional Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.