Potensi Learning Community dalam meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi (Biodiversitas) Berbasis Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.667Keywords:
learning community (LC), penelitian, masyarakat, biodiversitasAbstract
Perkembangan serta tantangan di abad 21 adalah peningkatan mutu dan daya saing sumber daya manusia sehingga mampu bertahan di era distrupsi serta perkembangan revolusi industri 4.0. Oleh karena itu dibutuhkan reformasi pendidikan dan peran aktif perguruan tinggi melalui pengembangan potensi learning community (LC) sebagai bentuk komunikasi serta hubungan penting dalam lingkup sempit antar individu maupun dalam lingkup yang lebih besar, yaitu antar ilmu pengetahuan, lembaga dan bahkan antar negara. Potensi biodiversitas dalam menopang serta memenuhi kebutuhan manusia dan bahkan makhluk hidup lain menjadi isu yang perlu diperhatikan dalam kaitannya untuk pelestarian serta kehidupan masa depan yang lebih baik. Pengembangan basis penelitian dengan tema biodiversitas membutuhkan kerjasama yang kuat dengan komunikasi aktif dan terencana melalui LC. Implementasi hasil penelitian kepada masyarakat merupakan kewajiban lain dari dosen di perguruan tinggi dengan tujuan meningkatkan kualitas kehidupan. Hasil penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yang sudah dilaksanakan merupakan bekal yang baik untuk mengembangkan serta meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran. Teknis penerapan LC di dalam kelas dengan tujuan mengoptimalkan kemampuan belajar peserta didik menjadi target utama dalam pelaksanaannya. Kolaborasi LC khususnya di pendidikan tinggi yang terwujud melalui kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat sekaligus diterjemahkan dalam bentuk pembelajaran di kelas memiliki potensi untuk peningkatan kapasitas dan sumber daya manusia yang berkelanjutan.
Downloads
References
Ancar, L. N., Freeman, S. A., & Field, D. W. (2007). Professional Connections through the Technology Learning Community. Journal of Technology Studies, 33(2), 73–78.
Avalos, B. (2011). Teacher professional development in Teaching and Teacher Education over ten years. Teaching and Teacher Education, 27(1), 10–20.
Blankenship, S. S. (University of G., & Ruona, W. E. A. (University of G. (2007). Professional Learning Communities and Communities of Practice: A Comparison of Models, Literature Review. Online Submission.
Carroll, T., Fulton, P., Yoon, I., & Lee, C. (2005). Induction into learning communities. Report Prepared for Commission …, 27.
Hilliard, A. T. (2011). Practices and Value of a Professional Learning Community in Higher Education. Contemporary Issues in Education Research, 5(2), 71–74.
Moser PharmD, L., Berlie PharmD, H., Salinitri PharmD, F., McCuistion PharmD, M., & Slaughter MS, R. (2015). Enhancing Academic Success by Creating a Community of Learners. American Journal of Pharmaceutical Education, 79(5), 1–9.
Schaltegger, S., & Beständig, U. (2010). Corporate Biodiversity Management Handbook: A Guide For Practical Implimentation. Management.
Stoll, L., Bolam, R., McMahon, A., Wallace, M., & Thomas, S. (2006). Professional Learning Communities: A Review of the Literature. Journal of Educational Change (Vol. 7).
Theobald, E. J., Ettinger, A. K., Burgess, H. K., DeBey, L. B., Schmidt, N. R., Froehlich, . E., …
Parrish, J. K. (2015). Global change and local solutions: Tapping the unrealized potential of citizen science for biodiversity research. Biological Conservation, 181, 236–244.
Tshiningayamwe, S. A. N. (2016). Enhancing Life Sciences Teachers ’ Biodiversity Knowledge. Southern African Journal of Environmental Education, 32.
Underwood, J. M. (2007). Study of the Implementation of a Professional Learning Community in one Middle School in Georgia.
von Rintelen, K., Arida, E., & Häuser, C. (2017). A review of biodiversity-related issues and challenges in megadiverse Indonesia and other Southeast Asian countries. Research Ideas and Outcomes, 3, e20860.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Prosiding Seminar Nasional Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.