Pengembangan Game Edukasi "Sound of Nusantara" Berbasis Musik Tradisional untuk Anak-Anak

Authors

  • Navita Riska Dea Maharani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hariyati Bibit Wulandari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muh. Aris Saputra Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/7hfw4380

Keywords:

Game Edukasi, Instrumen Nasional, Media Interaktif

Abstract

 Indonesia memiliki beragam alat musik tradisional yang mulai terlupakan oleh generasi muda, sehingga perlu ada upaya untuk melestarikan budaya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi "Sound of Nusantara" berbasis musik tradisional sebagai media pembelajaran interaktif untuk anakanak. Game ini dirancang menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang melibatkan enam tahapan: konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Saat ini, pengembangan game masih berada pada tahap prototipe awal, dengan fokus pada perancangan elemen-elemen edukasi yang menarik guna meningkatkan pemahaman dan minat anak-anak terhadap musik tradisional Indonesia. Pengujian awal dilakukan melalui simulasi dan evaluasi oleh beberapa siswa kelas 4-6 SD, guru, dan orang tua. Hasil awal menunjukkan potensi game ini dalam meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap alat musik tradisional. Diharapkan, setelah tahap pengembangan selesai, "Sound of Nusantara" dapat menjadi solusi inovatif untuk melestarikan budaya Indonesia dan menarik minat generasi muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Sutrisno and R. Pratiwi, “Keterlibatan Generasi Muda dalam Pelestarian Alat Musik Tradisional Indonesia,”

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 15, no. 3, 2022.

L. Rahayu, “Peran Game Edukasi dalam Meningkatkan Minat Generasi Muda terhadap Musik Tradisional

Indonesia,” Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 18, no. 2, pp. 34–45, 2022.

I. Firdaus, “Pengaruh Game Edukasi Berbasis Audio-Visual dalam Pembelajaran Anak-anak,” Jurnal Pendidikan

dan Teknologi, vol. 12, no. 4, pp. 56–67, 2020.

B. Wijaya, “Strategi Digital dalam Pembelajaran Seni Musik,” Jurnal Inovasi Teknologi, vol. 10, no. 1, 2021.

A. Kusuma, “Efektivitas Game Interaktif dalam Pembelajaran Anak Usia Dini,” Jurnal Psikologi Anak, vol. 7, no.

, 2022.

D. Prasetyo, “Multimedia dalam Pendidikan: Pendekatan Game-Based Learning,” Jurnal Ilmu Pendidikan, vol.

, no. 5, 2023.

R. Suryani, “Teknologi dalam Pendidikan Musik,” Jurnal Pendidikan Musik, vol. 14, no. 3, 2022.

M. Hardianto, “Inovasi Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal,” Jurnal Riset Pendidikan, vol. 16, no. 2, 2023.

T. Kurniawan, “Dampak Game Interaktif pada Pembelajaran Seni Musik,” Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, vol. 11,

no. 1, 2021.

S. Wibowo, ”Pemanfaatan Gamifikasi dalam Pembelajaran Musik Tradisional,” Jurnal Pendidikan Digital, vol.

, no. 4, 2023.

Downloads

Published

2025-02-07

How to Cite

Pengembangan Game Edukasi "Sound of Nusantara" Berbasis Musik Tradisional untuk Anak-Anak. (2025). Seminar Nasional Teknologi & Sains, 4(1), 737-742. https://doi.org/10.29407/7hfw4380

Similar Articles

1-10 of 44

You may also start an advanced similarity search for this article.