Pengembangan Game Edukasi "Sound of Nusantara" Berbasis Musik Tradisional untuk Anak-Anak
DOI:
https://doi.org/10.29407/7hfw4380Keywords:
Game Edukasi, Instrumen Nasional, Media InteraktifAbstract
Indonesia memiliki beragam alat musik tradisional yang mulai terlupakan oleh generasi muda, sehingga perlu ada upaya untuk melestarikan budaya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi "Sound of Nusantara" berbasis musik tradisional sebagai media pembelajaran interaktif untuk anakanak. Game ini dirancang menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang melibatkan enam tahapan: konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Saat ini, pengembangan game masih berada pada tahap prototipe awal, dengan fokus pada perancangan elemen-elemen edukasi yang menarik guna meningkatkan pemahaman dan minat anak-anak terhadap musik tradisional Indonesia. Pengujian awal dilakukan melalui simulasi dan evaluasi oleh beberapa siswa kelas 4-6 SD, guru, dan orang tua. Hasil awal menunjukkan potensi game ini dalam meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap alat musik tradisional. Diharapkan, setelah tahap pengembangan selesai, "Sound of Nusantara" dapat menjadi solusi inovatif untuk melestarikan budaya Indonesia dan menarik minat generasi muda.
Downloads
References
H. Sutrisno and R. Pratiwi, “Keterlibatan Generasi Muda dalam Pelestarian Alat Musik Tradisional Indonesia,”
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 15, no. 3, 2022.
L. Rahayu, “Peran Game Edukasi dalam Meningkatkan Minat Generasi Muda terhadap Musik Tradisional
Indonesia,” Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 18, no. 2, pp. 34–45, 2022.
I. Firdaus, “Pengaruh Game Edukasi Berbasis Audio-Visual dalam Pembelajaran Anak-anak,” Jurnal Pendidikan
dan Teknologi, vol. 12, no. 4, pp. 56–67, 2020.
B. Wijaya, “Strategi Digital dalam Pembelajaran Seni Musik,” Jurnal Inovasi Teknologi, vol. 10, no. 1, 2021.
A. Kusuma, “Efektivitas Game Interaktif dalam Pembelajaran Anak Usia Dini,” Jurnal Psikologi Anak, vol. 7, no.
, 2022.
D. Prasetyo, “Multimedia dalam Pendidikan: Pendekatan Game-Based Learning,” Jurnal Ilmu Pendidikan, vol.
, no. 5, 2023.
R. Suryani, “Teknologi dalam Pendidikan Musik,” Jurnal Pendidikan Musik, vol. 14, no. 3, 2022.
M. Hardianto, “Inovasi Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal,” Jurnal Riset Pendidikan, vol. 16, no. 2, 2023.
T. Kurniawan, “Dampak Game Interaktif pada Pembelajaran Seni Musik,” Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, vol. 11,
no. 1, 2021.
S. Wibowo, ”Pemanfaatan Gamifikasi dalam Pembelajaran Musik Tradisional,” Jurnal Pendidikan Digital, vol.
, no. 4, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Navita Riska Dea Maharani, Hariyati Bibit Wulandari, Muh. Aris Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





