Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Linear Congruent Method Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.29407/stains.v2i1.2869Keywords:
Game Edukasi, Linear Congruent Method, Huruf HijaiyahAbstract
AL-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat islam, untuk mempelajari AL-Qur’an terdapat tahapan yang perlu dilakukan, tahap pertama yaitu pengenalan huruf hijaiyah, Tetapi pada era moderanisasi anak- anak sekarang kurang tertarik untuk belajar mengenal huruf hijaiyah dikarenakan metode yang digunakan masih menggunakan cara lama yaitu menggunakan media buku, untuk mengatasi hal tersebut maka dibuatlah game edukasi pengenalan huruf hijaiyah yang dikemas semenarik mungkin agar anak merasa senang dalam proses belajar. Dalam pembuatan game edukasi pengenalan huruf hijaiyah berbasis android, penulis menggunakan salah satu metode yang dapat membangkitkan bilangan acak semu yaitu Linear Congruent Method (LCM). LCM diimplementasikan sebagai metode pengacakan soal yang terdapat dalam menu tebak huruf. Hasil dari pembuatan game edukasi pengenalan huruf hijaiyah diharapkan dapat membantu anak-anak dalam meningkatkan minat belajar dan memudahkan anak-anak dalam mengenal huruf hijaiyah.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Ade Alfian, Big Daya Yudha Asmara, Ahmad Rizal Efendi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





