Pengembangan Media Game Bertema Serious Game Sebagai Pembelajaran Berbasis Ice Breaking
DOI:
https://doi.org/10.29407/stains.v3i1.4162Keywords:
Kognitif, Pembelajaran Ice Breaking, Pendidikan, Serious GameAbstract
Game akhir- akhir ini telah menjadi alat yang cukup efektif dalam konteks pendidikan. Serious Game adalah salah satu pendekatan yang inovatif meningkatkan kognitif siswa selain game bertema puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa serious game. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Memiliki langkah – langkah berdasarkan Bord dan Gall namun berhenti pada tahapan ke 3 dari 10 tahapan. Meliputi Research and information collecting, Planning dan Develop preliminary form of product. Serious Game ini dikembangkan dengan software unity dengan tahap perencanaan melalui tahap persiapan, tahap analis, dan tahap desain memerlukan waktu 3 bulan. Produk media yang dikembangkan dapat dikolaborasikan dengan proses pembelajaran sekolah untuk memajukan kognitif siswa. Penelitian yang dilakukan masih diperlukan pengembangan dan penerapan sehingga masih diperlukan penelitian lanjutan untuk dapat menyempurnakan produk yang ada.
Downloads
References
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativiats Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pratama, L. D., Lestari, W., & Bahauddin, A. 2019. Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik?. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 5(1), 39-50.
Febriandari, E. I. 2018. Pengaruh kreativitas guru dalam menerapkan ice breaking dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(4), 485-494
Susanah, R., & Alarifin, D. H. 2014. Penerapan permainan penyegar (ice breaking) dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1).
Fanani, Achmad. 2010. “Ice Breaking Dalam Proses Belajar Mengajar”. Jurnal. Vol.1 No.11, VI, hlm. 4-69.
Hamzah B. Uno. 2019. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif, dan Efektif), Jakarta: Bumi Aksara. Hlm. 2
Said, M. 2010. 80+ Ice breaker Games; Kumpulan Permainan Pengunggah Semangat. Yogyakarta: Andi Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Candra Bagus Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License