Pembuatan Game Petualangan Matematika Menggunakan Algoritma A* Dan Random Number Generator

Authors

  • Andre gus asrori Andre Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Achmad Youngky Fernando Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Alief Fakhrul Rachmad Nuraissa Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/stains.v2i1.2906

Keywords:

Game edukasi, Anak SD, Random Number, A-Star, Mobile base

Abstract

Game merupakan hiburan yangbisa dimainkan oleh anak-anak, remaja, hingga dewasa .Game khususnya mobile game yang di mainkan menggunakan smartphone atau hp dapat digunakan untuk metode pembelajaran portable. Metode teknologi yang digunakan pada game ini tak lepas dari metode teknologi saat ini, metode itu salah satunya adalah metode Artificial Intelligence (AI) random number yang nantinya untuk meningkatkan kesulitan pada game dan memberikan pengalaman baru dalam bermain game. Metode Algoritma A-Star adalah Algoritma dengan pencarian rute tercepat atau terpendek. Petualangan matematika merupakan Game yang menceritakan Game petualangan Escape The king menceritakan seorang raja yang berusaha untuk keluar dari jebakan Orc di dalam istananya sendiri. Genre Game ini adalah adventure dan puzzle, dibangun dengan bahasa pemrograman java dengan tools Android Studio, AI yang digunakan adalah algoritma A* dengan euclidean distance yang digunakan pada bantuan untuk melakukan pencarian jalur guna menemukan makanan kelinci. Penelitian ini nantinya bertujuan untuk membuat game edukasi petualangan matematika yang menggunakan metode Artificialm Intelligence (AI) random number dan metode Algoritma A-Star yang nantinya metode tersebut untuk mencari soal dan jawaban yang benar untuk menyelesaikan game tersebut.  Hasil uji yang diperoleh pada game petualangan matematika ini adalah menggunakan metode Random Number Generator untuk membuat petunjuk untuk player agar bisa lanjut ke level selanjutnya dan menggunakan algoritma A*(A Star) untuk rintangan boss terakhir

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

Andre, A. gus asrori, Fernando, A. Y., & Nuraissa, A. F. R. (2023). Pembuatan Game Petualangan Matematika Menggunakan Algoritma A* Dan Random Number Generator. Seminar Nasional Teknologi &Amp; Sains, 2(1), 413–418. https://doi.org/10.29407/stains.v2i1.2906