Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Mobile Legends Pada Google Playstore Menggunakan Naïve Bayes

Authors

  • Azanda Okta Kurniawan Adi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Fadzilah Prayoganing Gusti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Fredi Wijaya Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/avw8b190

Keywords:

Analisis Sentimen, Naïve Bayes Classifier, Mobile Legends

Abstract

 Penelitian ini mengkaji analisis sentimen terhadap ulasan pengguna Mobile Legends di Play Store Indonesia menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Mobile Legends, sebagai game MOBA yang telah diunduh lebih dari 500 juta kali di Indonesia sejak peluncurannya pada Juli 2016, menghasilkan volume ulasan pengguna yang signifikan yang mencerminkan pengalaman dan persepsi pemain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkategorikan sentimen pengguna terhadap berbagai aspek game, termasuk gameplay, kinerja teknis, dan fitur-fitur baru. Metodologi penelitian menerapkan Naive Bayes Classifier, sebuah algoritma pembelajaran mesin berbasis probabilitas, untuk mengklasifikasikan ulasan ke dalam kategori sentimen positif, negatif, atau netral. Analisis tidak hanya berfokus pada klasifikasi sentimen secara umum, tetapi juga mengidentifikasi topik-topik spesifik yang sering muncul dalam ulasan, seperti kualitas grafis, stabilitas server, dan sistem matchmaking. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi pengembang game dalam meningkatkan kualitas produk dan pengalaman pengguna, serta berkontribusi pada pengembangan metodologi analisis sentimen dalam konteks ulasan game mobile. Penelitian ini memiliki implikasi praktis untuk industri game mobile dan kontribusi akademis dalam bidang pemrosesan bahasa alami (NLP) dan analisis sentimen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Kusnanda and A. Permana, “Implementation of Naive Bayes Classifier (NBC) for Sentiment Analysis

on Twitter in Mobile Legends,” Int. J. Sci. Technol. Manag., vol. 4, no. 5, pp. 1132–1138, 2023, doi:

46729/ijstm.v4i5.935.

F. V. Sari and A. Wibowo, “Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online Jd.Id Menggunakan Metode Naïve

Bayes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi,” J. SIMETRIS, vol. 10, no. 2, pp. 681–686, 2019.

A. Y. Simanjuntak, I. S. S. Simatupang, and Anita, “Implementasi Data Mining Menggunakan Metode

Naïve Bayes Classifier Untuk Data Kenaikan Pangkat Dinas,” J. Sci. Soc. Res., vol. 4307, no. 1, pp. 85–

, 2022.

C. P. Chai, “Comparison of text preprocessing methods,” Nat. Lang. Eng., vol. 29, no. 3, pp. 509–553,

, doi: 10.1017/S1351324922000213.

F. D. Ananda and Y. Pristyanto, “Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Layanan Internet

Provider Menggunakan Algoritma Support Vector Machine,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan

Rekayasa Komput., vol. 20, no. 2, pp. 407–416, 2021, doi: 10.30812/matrik.v20i2.1130.

M. I. Fikri, T. S. Sabrila, Y. Azhar, and U. M. Malang, “Comparison of the Naïve Bayes Method and

Support Vector Machine on Twitter Sentiment Analysis,” SMATIKA J. STIKI Inform. J., vol. 10, no. 2,

pp. 71–76, 2020.

M. A. Reinfeld, “a C Ase S Tudy of the Grp 5000,” Technology, vol. 5, no. 3123, pp. 548–554, 2011.

Azhar, R., & Wijayanto, M. F. (2024). Program Studi Teknik Informatika (Vol. 3).

F. Koto and G. Y. Rahmaningtyas, “Inset lexicon: Evaluation of a word list for Indonesian sentiment

analysis in microblogs,” Proc. 2017 Int. Conf. Asian Lang. Process. IALP 2017, vol. 2018-Janua, no.

December, pp. 391–394, 2017, doi: 10.1109/IALP.2017.8300625.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Mobile Legends Pada Google Playstore Menggunakan Naïve Bayes. (2025). Seminar Nasional Teknologi & Sains, 4(1), 641-646. https://doi.org/10.29407/avw8b190

Similar Articles

1-10 of 82

You may also start an advanced similarity search for this article.