ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE GACOAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Authors

  • Zitna Nurdiana Khotrul Nada Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ocha Odiska Damayora Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Tensa Angie Sri Pangestu Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Putri Wijayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Athur Daniel Limantara Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/ch6ygc61

Keywords:

AHP, Keputusan Pembelian, Mie Gacoan, Harga, Kualitas, Cita Rasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap Mie Gacoan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Kriteria yang dianalisis mencakup harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, cita rasa, dan kemudahan pemesanan online. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 53 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cita rasa merupakan faktor paling dominan dalam keputusan pembelian, diikuti oleh kualitas produk, pelayanan, kemudahan pemesanan, dan harga. Nilai Consistency Ratio (CR) sebesar 0,028 menunjukkan bahwa penilaian yang diberikan tergolong konsisten dan dapat diterima secara ilmiah. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada penerapan metode AHP dalam konteks pembelian makanan cepat saji berbasis aplikasi, khususnya pada merek lokal seperti Mie Gacoan. Temuan ini memberikan kontribusi praktis dalam penyusunan strategi pemasaran berbasis preferensi konsumen.

References

[1] Herman RT, Artha A. Faktor-Faktor Pendukung Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil : Studi Kasus Wilayah Jakarta Barat. Binus Bus Rev 2011;2:341–55.

[2] Prayogi AI, Dewi A, Saputra WS, Amrullah E, Studi P, Industri T, et al. Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mulia Barokah Fotocopy The Effect Of Price And Service Quality On Purchase Decisions At Mulia Barokah Fotocopy 2025;4.

[3] Keputusan P, Fast P. Jurnal of Policy 2024;15:57–66.

[4] Prima Prihatini, Anita Oktaviana Trisna Devi. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Mie Gacoan Wilayah Surakarta Dan Sukoharjo. J Business, Financ Econ 2023;4:18–33. https://doi.org/10.32585/jbfe.v4i2.4588.

[5] Anisa DF, Yulianto AE. Pengaruh Brand Image, Promotion, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Gacoan Cabang Manyar Di Platform Shopeefood. J Ilmu Dan Ris Manaj 2024;13:1–16.

[6] MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Riyan Mirdan Faris S. Universitas Nusa Putra Fakultas Bisnis Dan Humaniora Program Studi Manajemen 2022.

[7] Laili NPN, Budiarti A. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Cabang Manyar Surabaya. J Ilmu Dan Ris Manaj 2023;12.

[8] Ansari DH. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak Usu (Pajus) Medan. J Keuang Dan Bisnis 2015;7:227–42.

[9] Anggraini AB. Pengaruh Harga , Physical Evidence , Dan Lokasi Terhadap Keputusan. J Pendidik Tata Niaga 2022;10.

[10] Valentine L, Fadhillah SA, Sucipto H, Akbar NPD Wahana, Sholeha A. Analisis Persepsi Harga, Cita Rasa, Kualitas Layanan dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian Ulang Mie Gacoan Tegal. GEMILANG J Manaj Dan Akunt 2023;3:425–43.

[11] Nuraini F, Novitaningtyas I. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Mie Gacoan Cabang Magelang. J Nas Manaj Pemasar SDM 2022;3:50–7. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v3i2.740.

[12] Social P, Marketing M, Awareness B, Keputusan T. Peran Social Media Marketing , Brand Awareness , dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Pada Platform Marketplace GoFood 2025. https://doi.org/10.34308/eqien.v13i03.1844.

[13] Ilmiah J, Pendidikan W. 3 1,2,3 2025;11:142–51.

[14] Adolph R. 済無No Title No Title No Title 2016:1–23.

[15] Sijabat DM, Martini N. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Restoran Mie Gacoan Cabang Karawang. J Ilm Wahana Pendidik 2024;10:125–32.

[16] Darmanto RF, Ariyanti A, Maskuri A, Maharani CG. Pengaruh Harga dan Cita Rasa Mie Gacoan terhadap Minat Beli Ulang : Peran Kepuasan Konsumen sebagai Mediator The Effect of Price and Taste of Gacoan Noodles on Repurchase Interest : The Role of Consumer Satisfaction as a Mediator 2025;6:165–78.

[17] Oktaviari EA. Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Kas Dana Desa Pada Desa Ciasembaru Subang. J Chem Inf Model 2019;53:1689.

[18] Maulana R, Saputri ME. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mie Gacoan Karawang. J Lentera Bisnis 2024;13:304. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i1.997.

[19] Anwar S, Mujito M. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Motor Merek Yamaha Di Kota Bogor. J Ilm Manaj Kesatuan 2021;9:189–202. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i1.558.

Downloads

Published

2025-08-09

How to Cite

Nada, Z. N. K., Damayora, O. O., Pangestu, T. A. S., Wijayanti, P., & Limantara, A. D. . (2025). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE GACOAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1545-1554. https://doi.org/10.29407/ch6ygc61

Similar Articles

31-40 of 351

You may also start an advanced similarity search for this article.