PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, DISPLAY PRODUCT DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT REPEAT ORDER KONSUMEN PADA UD. SATELIT25

Authors

  • Munthaha Nimah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Zulistiani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Itot Bian Raharjo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jsqwxt02

Keywords:

Kelengkapan Produk, Display Product, Persepsi Harga, Minat Repeat Order

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis ritel yang semakin ketat, di mana loyalitas konsumen menjadi salah satu penentu keberhasilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelengkapan produk, display product, dan persepsi harga terhadap minat repeat order konsumen pada UD. Satelit25. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 40 responden konsumen UD. Satelit25 yang telah berbelanja satu bulan terakhir. Analisis menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, serta uji t dan uji F dengan bantuan software IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menandakan bahwa kelengkapan produk dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat repeat order, sedangkan display product tidak berpengaruh signifikan secara parsial. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat repeat order. Kebaruan penelitian ini belum ada yang menggabungkan ketiga variabel secara bersamaan pada objek tersebut.

References

[1] Hidayat R Al, Raharjo IB, Yani A. Social-Economic Dynamics in the Fourth Industrial Revolution : Analysis of Its Influence on SMEs , Employment , and Poverty in the Context of Digital Society Pengaruhnya terhadap UMKM , Ketenagakerjaan , dan Kemiskinan dalam Konteks Masyarakat Digital. J Terobosan Peduli Masy 2024;1:118–32.

[2] Itot Bian Raharjo itot DKHS, Sasongko MZ. DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RESTAURANT DI KEDIRI 2021;2:3–7.

[3] BFI A. Bisnis Ritel: Definisi, Fungsi, Jenis, dan Perbedaanya dengan Grosir. BFI Financ 2022.

[4] Yuhaenida Meilani AR. 77% Masyarakat Indonesia Lebih Suka Belanja di Minimarket: Apa yang Membuatnya Menjadi Favorit? VIVA.co.id 2024.

[5] Vebyanti YPontoh N, Rahman F, Yunus R, Yunus S, Ferdiana Paskual M. Analisis Dampak Pasar Ritel Modern Terhadap Pendapatan Pedagang Ritel Tradisional di Desa Wuasa Kecamatan Lore Utara. EKOMA J Ekon 2024;3:1362–72.

[6] Maulana S, Manajemen P, Ekonomi dan Bisnis Islam F. Analisis Pengaruh Ulasan, Responsif, Dan Hari Aktif Terhada Pkeputusan Repeatorder (Studi Kasus User Lita). J Manaj Terap dan Keuang 2024;13:612–24.

[7] Rendy Irwanto M, Tjipto Subroto W. Pengaruh kepuasan konsumen dan promosi terhadap niat pembelian ulang konsumen shopee saat pandemi. J Paradig Ekon 2022;17:289–302. https://doi.org/10.22437/jpe.v17i2.17438.

[8] Romzi MNF, Subagyo, Widodo W. Pengaruh Kelengkapan Produk, Suasana Toko dan Kenyamanan Berbelanja terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Minimarket Sulthan Mart. Semin Nas Manajemen, Ekon dan Akunt 2023;8:700–705.

[9] Setianingsih R, Kusumah A. Pengaruh Kelengkapan Produk, Keramahan Karyawan Dan Fasilitas Terhadap Keinginan Melakukan Pembelian Ulang Pada Minimarket Angkasa Mart 1 Pekanbaru. Pros Semin Nas … 2023;3:296–308.

[10] Rubika S, Bulkia S. Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk, Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Hypermart Duta Mall Banjarmasin. Uniska 2021.

[11] Dewi Manda Sari, Murti Sumarni AIB. Pengaruh Kelengkapan Produk, Tata Letak Toko, dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Swalayan Purnama Di Kabupaten Bantul. Nucl Phys 2023;13:104–16.

[12] Natania FO, Karnadi, Ariyantiningsih F. PENGARUH KEMASAN PRODUK, INOVASI PRODUK DAN DISPLAY PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK RENGGINANG CAP TIGA BINTANG DI DESA GELUNG SITUBONDO 2024;3:1334–47.

[13] Lestari S. Pengaruh Layout Terhadap Minat Beli Ulang. Keizai 2023;4:1. https://doi.org/10.56589/keizai.v4i1.308.

[14] Rentanubun KV. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hotel. Performa 2023;8:260–8. https://doi.org/10.37715/jp.v8i3.2969.

[15] Safitri D, Zulistiani, Leksono PY. Analisis keputusan pembelian pada saat pandemi covid-19 di toko bibit tanaman dan buah juwet lestari 2022:995–1000.

[16] Gosal S, Setiobudi A. Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Juice&Smoothieszone. Performa 2021;5:303–10. https://doi.org/10.37715/jp.v5i4.1785.

[17] Safitri AN. Pengaruh brand image, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pada Lazada. Entrep Bisnis Manaj Akunt 2021;1:1–9. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.212.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Nimah, M., Zulistiani, & Raharjo, I. B. (2025). PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, DISPLAY PRODUCT DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT REPEAT ORDER KONSUMEN PADA UD. SATELIT25. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 702-709. https://doi.org/10.29407/jsqwxt02

Similar Articles

1-10 of 349

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>