PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PADA JE THREE BASKETBALL ACADEMY

Authors

  • Anisya Irianni Afifah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dyah Ayu Paramitha Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/sa2mv261

Keywords:

Harga, promosi, Word Of Mouth, keputusan pemilihan, Basketball Academy

Abstract

Studi ini diimplementasikan guna menganalisis pengaruh dari berbagai faktor seperti harga, promosi dan word of mouth terhadap keputusan pemilihan pada Je Three Basketball Academy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik kausilitas. Populasi meliputi seluruh orang tua peserta Je Three Basketball Academy berjumlah 125 orang. Sampel penelitian terdiri dari 56 orang tua peserta, dihitung menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10%, dan dipilih melalui metode stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada orang tua peserta dengan kriteria orang tua yang memiiki anak terdaftar aktif di akademi. Proses analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 23. Temuan penelitian menunjukkan bahwa harga, promosi, dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan serta secara simultan, harga, promosi, dan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan. Diferensiasi utama penelitian ini adalah penerapan bauran pemasaran dalam konteks jasa pelatihan olahraga yang masih jarang diteiliti.

References

[1] A. Wardana, Perilaku Konsumen Di Era Digital. jawa tengah: Eureka Media Aksara, 2024.

[2] D. M. Indrasari, Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. unitomo press, 2019.

[3] N. Helmianto, Subagyo, dan M. W. Widodo, “Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Konveksi GM SPORT,” vol. 3, hal. 1145–1153, 2024, doi: https://doi.org/10.29407/mb7xzc60.

[4] S. E. Yunita, I. D. Puspasari, dan D. A. Paramitha, “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow Kota Nganjuk,” vol. 3, hal. 308–318, 2024, doi: https://doi.org/10.29407/baf1rw87.

[5] D. Sunyoto, dasar dasar manajemen pemasaran, 1 ed. jakarta: center of academics publishing service, 2023. https://ipusnas2.perpusnas.go.id/book/eb1526c3-e192-43de-96a0-85bb55eab118

[6] A. W. Purbohastuti, “Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret,” J. Sains Manaj., vol. 7, 2021, doi: 10.47467/visa.v1i2.783.

[7] Putri dian selasih Napitulu dan M. Simanjutak, “Pengaruh Promosi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Memilih Berkuliah Di Institut Teknologi Del,” J. Ekon. Manaj. dan Akunt. Sekol. Tinggi Ilmu Ekon. Enam-Enam Kendari, vol. 1, no. 2, hal. 401–407, 2023, https://doi.org/10.572349/neraca.v1i2.163

[8] N. E. D. Olivia dan D. A. Paramitha, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Callathrift Nganjuk,” hal. 179–188, 2023. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/3801

[9] Dana, B. Syamtoro, dan nur rachmah Wahidah, “Pengaruh Brand Image, Lokasi, dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Sekolah di SMP Muhammadiyah Parakan,” vol. 11, no. 1, hal. 143–165, 2024. https://doi.org/10.32493/skr.v11i1.38219

[10] L. M. M. Paat, S. Moniharapon, dan M. Rogi, “Pengaruh Fasilitas, Word Of Mouth, Kelompok Referensi, Gaya Hidup Sehat Dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pemilihan Tempat Berolahraga Pada Generasi Milenial Di Gpi Futsal Dan Sport Center Manado,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 10, no. 1, hal. 1566–1577, 2022. https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.39704

[11] D. sri Rahayu, Subagyo, dan M. wah. Widodo, “Peran Cita Rasa, Variasi Produk, dan Word of Mouth Dalam Keputusan Pembelian Studi Pada Konsumen Seblak Goyang Lidah Nganjuk),” vol. 3, hal. 1172–1180, 2024, doi: 10.29407drcw2708.

[12] U. I. Fauzi, “Pengaruh Branding Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Syariah,” Youth Islam. Econ. J., vol. 2, no. 1, hal. 42–47, 2021.

[13] A. Asnia, “Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pemilihan Rumah Kost Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis,” in Seminar Nasional Industri dan Teknologi, 2022, hal. 295–301.

[14] S. Chairullah, “Pengaruh Promosi, Harga Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Fotograsi Di Bandar Lampung,” AT-TAWASSUTH J. Ekon. Islam, 2023.

[15] A. M. Dawis et al., Pengantar Metodologi Penelitian. 2023.

[16] Sugiyono, metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung, 2023.

[17] M. G. Haque-fawzi, ahmad syarief Iskandar, H. Erlangga, Nurjaya, D. Sumarsi, dan I, Srategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. 2022.

[18] D. Murtiningsih dan K. Hendrawan, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Word of Mouth terhadap Keputusan Memilih Berkuliah,” J. Ekobistek, vol. 11, no. 2, hal. 60–64, 2022, doi: 10.35134/ekobistek.v11i2.277.

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

Afifah, A. I., & Paramitha, D. A. . (2025). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PADA JE THREE BASKETBALL ACADEMY. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 231-238. https://doi.org/10.29407/sa2mv261

Similar Articles

1-10 of 282

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>