KOMUNIKASI PEMASARAN, DESAIN PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SUMBER REJEKI KEDIRI

Authors

  • Alyantria Novita Sari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dodi Kusuma Hadi Soedjoko Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Desain Produk, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di UMKM Sumber Rejeki Kediri. Keputusan pembelian merupakan variabel dependen, variabel independen adalah komunikasi pemasaran, desain produk, dan kualitas produk. Data diperoleh dari konsumen yang membeli produk gorden UMKM Sumber Rejeki Kediri. Jumlah sampel sebanyak 40 konsumen dengan teknik pengambilan sampel sampling purposive. Metode penelitian yang digunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan tingkat kepercayaan 5% untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa variabel komunikasi pemasaran, desain produk, dan kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa variabel komunikasi pemasaran, desain produk, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Disarankan UMKM Sumber Rejeki Kediri lebih memperhatikan faktor komunikasi pemasaran, desain produk, dan kualitas produk agar keputusan pembelian konsumen meningkat.

Downloads

Published

2024-08-18