STRATEGI PENGURUS DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN TEGAL ARUM KEDIRI

Authors

  • Nor Rohman Romadhon Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Restin Meilina Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/b8e78e93

Keywords:

Strategi Pengurus, Disiplin Belajar Santri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengurus, media yang digunakan pengurus, dan dampak strategi pengurus dalam membina kedisiplinan belajar santri pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Tegal Arum Kediri. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi serta pengujian data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu langkah-langkah pengurus dalam menerapkan strategi dalam membina kedisiplinan belajar santri pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Tegal Arum Kediri dimulai dari pengurus menjadi contoh yang baik kepada santri, memberikan ketegasan kepada santri dengan memberikan hukuman apabila mereka tidak disiplin, membangun piket pengurus untuk menjaga kegiatan hafalan, memberikan tes, pengurus tidak boleh meninggalkan pelajaran, dan dibentuk program-program tambahan belajar diluar kelas yang di lakukan setelah jam pelajaran. Lalu pengurus menggunakan papan tulis, bel dan alat peraga sebagai media sehingga kedisiplinan belajar santri meningkat.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Romadhon, N. R. ., & Meilina, R. . (2023). STRATEGI PENGURUS DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN TEGAL ARUM KEDIRI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 2, 1123-1134. https://doi.org/10.29407/b8e78e93

Similar Articles

1-10 of 203

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>