Abstract
Latarbelakang permasalahan yang dihadapi saat ini sekolah melakukan pembelajaran secara daring akibat dampak Covid-19, pemberlakuan daring berdampak pada hasil yang dicapai kurang maksimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) adakah pengaruh motivasi atas hasil belajar. 2) pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar. 3) pengaruh tingkat pemahaman terhadap hasil belajar. 4) pengaruh motivasi, keaktifan dan tingkat pemahaman terhadap hasil belajar. Pendekatan dan teknik menggunakan adalah kuantitatif dengan teknik deskriptif. Populasi berjumlah 25 siswa sekaligus dijadikan sampel. Analisis data menggunakan uji analisis regresi ganda, koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menyatakan bahwa motivasi, keaktifan dan tingkat pemahaman berpengaruh atas hasil belajar diperoleh 0,001 < 0,05 yang artinya H0 dinyatakan ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien determinasi/R Square sebesar = 0,499 = 50% tergolong kategori sedang. Jadi disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi, keaktifan dan tingkat pemahaman atas hasil mata pelajaran kewirausahaan kelas XI AKL SMK PGRI 3 KEDIRI.
References
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pertanyaan dan Jawaban Terkait Coronavirus Disease 2019 ( COVID-19 ). World Heal Organ [Internet]. 2020;2019:1–13. Available from: https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public
Kemdikbud RI Nomor : 347/E.E3/KM/2020. Letter of the Minister of Education and Culture No. 36962/MPK.A/HK/2020 about Online Learning and Working from Home to Prevent the Spread of Covid19. Http://KemdikbudGoId/ [Internet]. 2020;(Mei). Available from: http://kemdikbud.go.id/main/?lang=id
Uno. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Gorontalo: PT Bumi Aksara, Jl. Sawo Raya No. 18, Jakarta; 2018.
Firman, Neviyarni, Pratama. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2019;1(3):280–6.
Widiarti. PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X ILMU-ILMU SOSIAL DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN, BANTUL. 2018;121.
Fitriana. hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar ips siswa kelas IV SDN Gugus Dr. Soetomo Kec. Blado Batang. 2016;
Dina PAE. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu. Progr Stud Ilmu Pengetah Sos Jur Ilmu Pengetah Sos Fak Ilmu Tarb Dan Kegur Univ Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. 2020;23–4.
Sinar. Metode Active Learning - Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa [Internet]. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama); 2018. Available from: https://books.google.co.id/books?id=C0BVDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Wibowo. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat Educ. 2016;1(2):128–39.
Surindra B, Irmayanti E. Pengaruh E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Mahasiswa Tingkat Dua Pendidikan Ekonomi UN PGRI Kediri Selama Masa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). 2019;
Uliyandari. Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Kota Bengkulu Untuk Mata Pelajaran Kimia (descriptive research). Skripsi. 2014;Hlm 6-9.
Paryadi. Pengaruh Gender Terhadap Keaktifan dan Peningkatan Pemahaman Fisika Pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas XI SMA Negeri 1 Salatiga. 2020;
Srihartati. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Pemerolehan Konsep Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangkalan Kuras Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Univ Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. 2015;13.
Pratiwi Y. Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pedamaran Ogan Komering Ilir. 2017;
Muchson. Metode Riset Akuntansi. Kediri: Guepedia; 2016.
Output SPSS versi 23 yang diolah. 2021.
Surindra B, Widyaningrum B, Zulistiani. Statistika Teori dan Praktik SPSS. Batu: Azizah Publishing; 2017.
Rinawati D, Kurnia Darisman E, Raya Dringu No J, Probolinggo K, Jawa Timur P, Buana Surabaya A, et al. Survei tingkat kejenuhan siswa SMK belajar di rumah pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan selama masa pandemi covid-19. J Sci Educ. 2020;1(1):32–40.
Faradila D. BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DI MAN 1 SKRIPSI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DI MAN 1. 2020.
Maryam I, Anggraini N, Amelia R. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa Universitas Bangka Belitung. Pros Semin Penelit dan Pengabdi pada Masy. 2020;33–6.
Anggraini. Pengaruh Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika pokok Bahasan Statistika Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Godean. 2015;