FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BPKAD) KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2020

Main Article Content

Reficensa Therisia
Diah Nurdiwaty
Erna Puspita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem akuntansi keuangan daerah, pengelolaan keuangan daerah, kompetensi sumber daya manusia baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kualitas laporan keuangan daerah. Hipotesis diuji dengan menggunakan regresi linier berganda dibantu dengan Microsoft Excel 2016 dan software SPSS for windows versi 20. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah  pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pegawai yang ada di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Nganjuk. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini kuesioner sebanyak 30 dengan menggunakan pengambilan obyek total sampling. Hasil penelitian ini adalah secara parsial sistem akuntansi keuangan daerah, pengelolaan keuangan daerah, dan kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan daerah, dan secara simultan sistem akuntansi keuangan daerah, pengelolaan keuangan daerah, kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Article Details

How to Cite
Therisia, R., Nurdiwaty, D., & Puspita, E. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BPKAD) KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2020. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 634–639. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/932
Section
Articles

References

Roviyantie D. PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Survei pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tasikmalaya) 2011:1–27.

Wati KD, Herawati NT, SINARWATI NK. PENGARUH KOMPETENSI SDM, PENERAPAN SAP, DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH 2014;2 No.1:11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v2i1.2972.

Ihsati E. PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Studi Empiris pada SKPD Kab. Lima Puluh Kota) 2014;2 No.2:1–20.

Defitri SY. Pengaruh Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. J Benefita 2018;3:64. https://doi.org/10.22216/jbe.v3i1.2376.

Megawati LKS, Sulindawati NLGE, Sujana E. PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI EMPIRIS PADA TIGA DINAS KABUPATEN BULELENG) 2015;3 No.1:11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v3i1.5273.

Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. 8th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2016.

Mahsun M. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. 1st ed. Yogyakarta: BPFE; 2016.

Khusaini M. Keuangan Daerah. Malang: Universitas Brawijaya Press; 2018.

Edison E, Anwar Y, Komariah I. Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Bandung: Alfabeta; 2018.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>