Analisis Kemandirian Siswa Down Syndrome (Study Kasus Di Knowledge Link Intercultural School Sentul Kabupaten Bogor)

Authors

  • Fadhilla Nova Setyari Universitas PGRI Semarang

Keywords:

independence, down syndrome, inclusive school

Abstract

This study aims to determine the analysis of the independence of down syndrome students. Data collection techniques through observation and interviews by giving open questions to class teachers, counselors, and parents to find out the extent of their independence. The focus of this research is focused on the problem of independence in students with special needs in children with down syndrome. The subjects of this study were two children aged 11-13 years who were in an inclusive school in Bogor district. Data analysis techniques through data triangulation. The results showed that there were positive results with the independence of children with down syndrome which were quite good. The encouragement of habituation of independent activities at school and at home can achieve optimal independence for children with down syndrome.

References

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150.

Chairilsyah, D. (2019). Analisis kemandirian anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 88-98.

Danauwiyah, N. M., & Dimyati, D. (2021). Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 588-600.

Darmawati, I., & Indriawati, R. (2020). Peningkatan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Di Panti Asuhan Binasiwi, Bantul. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Desiningrum (2016). Psikologi anak berkebutuhan khusus. ISBN 978-602-72845-5-5

Efendi, M., Dawud, D., Suyitno, I., Ainin, M., Muhaiban, M., Ghazali, A. S., ... & Priyatni, E. T. (2021). Kumpulan Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Malang (UM) Mereka Pembelajaran Inovatif.

Hadi, A., & Laras, P. P. B. (2021). Peran guru bimbingan dan konseling dalam pendidikan inklusi. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 4(1), 17-24.

Herman, D., & Ramdhani, M. R. (2022). Meningkatkan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Program Home Visit. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(1), 67-72.

Irdamurni (2016) PENDIDIKAN INKLUSIF Solusi dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. ISBN 978-623-218-365-0

Juliasmara, R., & Yohana, N. KOMUNIKASI TERAPEUTIK ANTARA TERAPIS DAN ANAK PENYANDANG DOWN SYNDROME DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA FAJAR AMANAH KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(1), 1-14.

Lattu, D. (2018). Peran guru bimbingan dan konseling pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusi. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 2(1), 61-67.

Ningsih, K. N. (2020). Analisis Kesulitan untuk Menetukan Kebutuhan Belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. JURNAL ORTHOPEDAGOGIK, 1(2), 1-7.

Prasasti, S. (2019). MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN KONSELING KELOMPOK DI YPAB SLB. Jurnal Ilmiah Konseling, 19(1).

Rahmatunnisa, S., Sari, D. A., Iswan, I., Bahfen, M., & Rizki, F. (2020). Study Kasus Kemandirian Anak Down Syndrome Usia 8 Tahun. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 17(2), 96-109.

Sartini, S. (2022). PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SASTRA TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI TK KREATIVA TAHUN AJARAN 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Sefriyanti, S., & Putro, K. Z. (2022). Analisis Hambatan Perkembangan Motorik Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian Pada Perspektif Psikologi dan Neurologi). PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 62-72.

Sulthon (2020) PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. ISBN 978-623-231-418-4

Zahroh, F. (2022, September). Keterampilan Vokasional sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Di SMPLB-BCD YPAC JEMBER. In International Conference on Islamic Guidance and Counseling (Vol. 2, pp. 91-100).

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Fadhilla Nova Setyari. (2023). Analisis Kemandirian Siswa Down Syndrome (Study Kasus Di Knowledge Link Intercultural School Sentul Kabupaten Bogor). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 1456–1460. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3919

Issue

Section

Articles