Media Pembelajaran Video Animasi pada Materi Bersatu Dalam Keberagaman
Keywords:
Instructional media, animation videos, unity in diversityAbstract
Education is the main pillar determining the progress of a nation. Good education is obtained from a successful learning process. The implementation of learning in schools experiences many obstacles and problems that can affect student learning outcomes. Therefore there is a need for innovation and creativity to create a meaningful learning atmosphere, one of which can be realized through the application of learning media. Learning media itself has various types, both digital and conventional. One of the media that can be applied in the learning process is animated video. The results of this study indicate that animated video media on the material meaning of unity in diversity can improve student learning outcomes after being applied.
References
Ahmad Fujiyanto, dkk. 2016. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Mengingkatakan Hasil Belajar Pada Materi Hubungan Antarmakhluk hidup. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No.1.
Buku Guru Kelas II, Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan, Subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah Pembelajaran 2. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Buku Siswa Kelas II, Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan, Subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah Pembelajaran 2. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017
Fitriana, Dina. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Interaktif Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusis di MI Raudlatul Ulum Ngijo Karangploso Malang. Skripsi.
Husni. 2021. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAPMOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KOTA JAMBI. Jambi: Universitas Islam Negri Sulthan Taha Saifuddin Jambi.
Imamah, N. 2012. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Materi Sistem KehidupanTumbuhan.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1(1):32–36. doi: 10.15294/jpii.v1i1.2010.
Irene MJA,dkk.2016.Bupena untuk SD/MI Kelas II Jilid 2D.Jakarta:Erlangga
Johari, Andriana., Syamsuri Hasan, and Maman Rakhman. 2014. “Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Journal of Mechanical Engineering Education 1(1):8–15.
Laily Rahmayanti dan farida. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Se-Gugus Sukodono Sidoarjo Laily Rahmayanti Pgsd Fip Universitas Negeri Surabaya Abstrak.
Nursalam, and A. .. Fallis. 2013. “Video Animasi.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Nuswantoro, Dimas, and Vicky Dwi Wicaksono.2019. “Pengembangan Media
Video Animasi Powtoon ‘HAKAN’ Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Hak Dan Kewajiban Siswa Kelas Iv Sdn Lidah Kulon Iv Surabaya.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(4):3161–70. Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Purwati. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 42–47.
Surayya, Elly. 2012. Pengaruh Media dalam Proses Pembelajaran. Jurnal AtTa’lim 3, 65-72.Sama dengan aturan di artikel penelitian.
Trahati Melia. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap.Skripsi. Cilacap: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tifany Berliana, Kukuh Andri Aka, Wahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.