Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Sepakbola Mini Dengan Modifikasi Bola Klin Siswa Kelas V SDI AL-Istiqomah Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2024
PDF

Keywords

Hasil Belajar Passing
Sepakbola Mini
Modifikasi Bola Klin

How to Cite

[1]
“Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Sepakbola Mini Dengan Modifikasi Bola Klin Siswa Kelas V SDI AL-Istiqomah Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2024”, Seinkesjar, vol. 5, no. 1, pp. 763–766, Sep. 2025, doi: 10.29407/th685n82.

Abstract

Latar belakang penelitian adalah rendahnya antusiasme siswa dan hasil belajar passing yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Bola klin, yaitu bola plastik berisi klentingan yang dibalut selotip, digunakan sebagai media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan minat dan keberanian siswa dalam praktik. Tujuan Penelitian meningkatkan hasil belajar teknik passing sepak bola mini pada siswa kelas V SDI AL-Istiqomah menggunakan modifikasi bola klin.  Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini melibatkan siswa kelas V SDI AL-Istiqomah dan dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Penilaian dilakukan menggunakan instrumen dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan hasil belajar dan antusiasme siswa. Pada Siklus I, hanya 57% siswa (9 dari 16) mencapai nilai di atas KKM dengan rata-rata 74. Angka ini meningkat drastis pada Siklus II, di mana 88% siswa (13 dari 16) mencapai nilai di atas KKM dengan rata-rata 81,31. Selain itu, keaktifan siswa juga meningkat, terbukti dari nilai afektif klasikal yang naik dari 58% (Siklus I) menjadi 88% (Siklus II) yang telah di atas KKM. Dengan demikian, Kesimpulan modifikasi bola klin efektif meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran passing sepak bola mini.

PDF

References

Afrinaldi, R., & Prasetyo, T. R. (2024). Effectiveness of physical exercise models R.A. game based on long jump numbers for the 13 - 15 year age group. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 10(3), 486–502. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v10i3.23946

Akbar, M., Dwi Marhaendro, A. S., Dharma Hita, I. P. A., & Ariestika, E. (2021). The effectiveness of active recovery (jogging and cycling) post-football match simulation on athletes’ heart rate and fatigue levels. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v7i3.16859

Allsabah, M. Akbar Husein, Sugito, Puspodari, & Weda. (2024). Football players’ satisfaction with the quality of services provided by youth football coaching clubs. Sport TK, 13, 1–15. https://doi.org/10.6018/sportk.551561

Husein, M, Akbar, A. (2020). Perbandingan profil antropometri dan kondisi fisik pemain sepakbola pada klub sepakbola wanita kota dan kabupaten kediri. Indonesia Performance Journal, 4(1).

Umam, B. A., Pratama, B. A., & Muharram, N. A. (2024). The effect of plyometric box drills on leg power in youth soccer players. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 10(3), 468–485. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v10i3.23729

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Moch. Adam Imadudin, Wasis Himawanto, Rizki Burstiando