Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas XI 5 pada Materi Transport dan Pertukaran Zat melalui Metode Make a Match Di SMA Negeri 6 Kediri
PDF

Keywords

Motivasi Belajar
Materi Transport dan Pertukaran Zat
Make a Match

How to Cite

Dewi, N. P. ., Utami, B. ., & Rahmawati, I. . (2024). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas XI 5 pada Materi Transport dan Pertukaran Zat melalui Metode Make a Match Di SMA Negeri 6 Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 383–388. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4540

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam memiliki tujuan untuk mengoptimalkan peserta didik memiliki cukup waktu mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Motivasi dibutuhkan dalam meningkatkan aktivitas peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar. Metode Make a Match berupa kegiatan belajar di suatu konsep atau topik dengan banyak hafalan di suasana belajar yang menyenangkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI 5 pada materi transport dan pertukaran zat melalui Metode Make a Match di SMA Negeri 6 Kediri. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjelaskan dan mengungkapkan suatu masalah sesuai keadaan dan peristiwa sebenarnya. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner berupa instrumen penelitian angket motivasi belajar. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif terhadap kriteria jawaban dan kriteria penilaian angket motivasi belajar. Hasil penelitian yang diperoleh dari angket motivasi belajar bahwa terjadi perubahan nilai kategori dari sedang ke tinggi pada 2 indikator yaitu motivasi belajar intrinsik & relevansi pribadi dan penilaian diri. Serta memperlihatkan peningkatan persentase nilai dengan 5  indikator yaitu  motivasi belajar intrinsik &  relevansi pribadi 7.89%, efikasi diri & kecemasan penilaian 0.56%, penilaian diri 6,83 %, motivasi karir 6.85% dan motivasi kelas 4.31%.

PDF

References

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.

Dewi, N. P., & Utami, B. (2022, December). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 7 pada Mata Pelajaran Lintas Minat Biologi di SMA Negeri 6 Kediri. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 137-141)

Glynn, S. M., Taasoobshirazi, G., & Brickman, P. (2009). Science Motivation Questionnaire: Construct validation with nonscience majors. Journal of Research in Science Teaching, 46, 127-146.

Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2015). Evaluasi Perkuliahan Genetika untuk Calon Guru Biologi di Universitas Nusantara PGRI Kediri. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 580-584).

Rusman. (2014). Metode-Metode Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Santoso, A. M., Amin, M., Sumitro, S. B., & Lukiati, B. (2017). Learning motivation of students during the implementation of lecturing based in silico approach. International Journal of Research & Review, 4(9), 6-9.

Solihat, R. dkk. (2022). Buku Panduan Guru Biologi SMA/MA Kelas XI. Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Downloads

Download data is not yet available.