Dampak Perilaku Bullying pada Anak Sekolah Dasar di SDN Manyaran 02 Kota Kediri
PDF

Keywords

Bullying
anak sekolah

How to Cite

Prihananto, D. I. ., Fitriana, K. D. N. ., Agustina, P. D. ., Nur’aini, S. E. ., & Safitri, U. . (2024). Dampak Perilaku Bullying pada Anak Sekolah Dasar di SDN Manyaran 02 Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 91–96. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4492

Abstract

Sekarang ini berbagai macam masalah tengah melanda dunia pendidikan di Indonesia salah satunya adalah bullying. Bentuk kekerasan ini bukan hanya dalam bentuk fisik saja tetapi juga secara psikologis kekerasan dapat terjadi di mana saja termasuk di sekolah, tempat bermain, di rumah, di jalan, dan di tempat liburan. Bullying seolah-olah sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dan kehidupan anak-anak di zaman sekarang ini maraknya akan kekerasan atau bullying yang dilakukan oleh siswa di sekolah semakin banyak menghiasi deretan berita di halaman media cetak maupun elektronik. Istilah bullying digunakan untuk menunjuk perilaku agresif seseorang atau sekelompok orang yang dilakukan secara berulang-ulang terhadap orang atau sekelompok orang lain yang lebih lemah untuk menyakiti korban secara fisik maupun mental. Tujuan dari pengabdian ini yakni untuk mengedukasi siswa tentang bahaya aksi bullying, kemudian dampak yang terjadi ketika melakukan bullying, serta meminimalisir dan menghilangkan aksi bullying di tingkat Sekolah Dasar. Pengabdian ini menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa siswa menyadari bahwa bullying dapat terjadi dalam berbagai bentuk. Siswa juga memahami bahaya bullying dan menyadari pentingnya peran mereka dalam mencegah terjadinya bullying di sekolah.

PDF

References

Afiani, S. D., Rosra, M., & Mayasari, S. (2018). Pengurangan Intensi Bullying Menggunakan Layanan Konseling Kelompok. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 6(3).

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Riauskina, I. I., Djuwita, R., dan Soesetio, S. R. 2005. “Gencet-gencetan” di mata siswa/siswi kelas 1 SMA: Naskah kognitif tentang arti, skenario, dan dampak “gencet-gencetan”. Jurnal Psikologi Sosial, 12 (01).

Setyawan, David. (2015). KPAI: Pelaku Kekerasan terhadap Anak tiap Tahun Meningkat

Suryaningseh, Wulan. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Audiovisual Terhadap Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah. Naskah Publikasi. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Tim Yayasan Semai Jiwa Amini (SEJIWA). 2008. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: PT Grasindo.

Downloads

Download data is not yet available.