Sosialisasi Pendidikan Anak Era Digital di Kelurahan Ringinanom Kota Kediri
PDF

Keywords

motivasi belajar
meningkatkan siswa
sekolah dasar

How to Cite

Novita Happy Nur Laili, Pengageng Arya, Seila Noor Fadilah, Dian Ardiansyah, Eky Setyo Rini, Umi Fitriani, Nadhif Ridwan Al Mauludin, & Anik Lestariningrum. (2024). Sosialisasi Pendidikan Anak Era Digital di Kelurahan Ringinanom Kota Kediri. Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 1(1), 477–483. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/5744

Abstract

Kegiatan belajar di luar perguruan tinggi salah satunya yaitu Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Universitas Nusantara PGRI Kediri, kegiatan belajar pada KKNT dapat dilakukan oleh 23 mahasiswa dalam suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman belajar, serta dapat mengembangkan bakat, minat dan potensi siswa dengan cara mengenalkan secara langsung terkait cerdas cermat di lingkup Sekolah Dasar di kelurahan bandar dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan belajar. Metode pelaksanaan yaitu dengan mengadakan lomba cerdas cermat dan dilaksanakan di tiga sekolah berbeda yaitu SD Negeri Bandar Lor 1, SDN Negeri Bandar Lor 2, dan SDN Negeri Bandar Lor 3. Populasi dalam kegiatan lomba cerdas cermat yakni kelas tinggi 4,5 dan, 6. Dimana setiap sekolah mengirimkan 3 Tim, yang mana 1 tim berisi 3 siswa dengan kelas yang berbeda. Alat pada kegiatan Lomba Cerdas Cermat terdiri dari beberapa jenis yaitu papan laminating, spidol, LCD proyektor, dan handphone

PDF

References

Adawiyah, R., Asbari, M., & Damayanti, M.S. (2023). Tiga Level Proses Belajar Efektif: Fundamental, Insightful Knowledge, Specific Skill. Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(02), 339–342.

Asbari, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Dosen. Journal Of Communication Education, 13(2), 172.

Asfahani, A., & F. (2020). Pendidikan Anak Supernormal dengan Pendekatan Living Values Education Program (Studi Kasus Kelas Akselerasi MAN 2 Kota Madiun). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01),93.

Dini, J. P. A. U. (2022). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965.

Larasati, A. K., Asbari, M., Pinandita, P. H., & Anggaini, A. D. (2023). (2023).

Implementasi Kurikulum yang Memberdayakan Konteks? Journal of Information System and Management (JISMA), 02(05), 23.

Li, X. (2022). (2022). The Influence of Parenting Styles on Social-Emotional Competence of Children. 2022 5th International Conference on Humanities Education and Social Sciences (ICHESS 2022), 1065–1072.

M. Yemmardotillah, R. I. (2021). Literasi Digital Bagi Keluarga Milenial Dalam Mendidik Anak Di Era Digital. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.223

Maulansyah, R. D., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! Journal of Information System and Management (JISMA), (05), 31–3.

Nuryanti, Y., Novitasari, D., Nugroho, Y. A., Fauji, A., Gazali, & Asbari, M. (2020). (2020). Meningkatkan Komitmen Organisasional Dosen: Analisis Pengaruh Kepemimpinan Perguruan Tinggi dan Kepuasan Intrinsik & Ekstrinsik Dosen. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 561.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2011b). Pedoman Penyelenggaraan PAUD Berbasis Keluarga. . . Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Kementrian Pendidikan Nasional.

Primayana, K. H. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri. . . Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(3), 321.

Widyaningsih, N., & Septarianto, T. W. (2023). Parenting Peran Orang Tua di Era Digital. Indonesian Journal Of Community Service, 3(2), 104–109.