Sosialisasi Pendidikan Anak Era Digital di Kelurahan Ringinanom Kota Kediri
PDF

Keywords

motivasi belajar
meningkatkan siswa
sekolah dasar

How to Cite

Sosialisasi Pendidikan Anak Era Digital di Kelurahan Ringinanom Kota Kediri. (2024). Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 1(1), 477-483. https://doi.org/10.29407/q0a2s768

Abstract

Kegiatan belajar di luar perguruan tinggi salah satunya yaitu Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Universitas Nusantara PGRI Kediri, kegiatan belajar pada KKNT dapat dilakukan oleh 23 mahasiswa dalam suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman belajar, serta dapat mengembangkan bakat, minat dan potensi siswa dengan cara mengenalkan secara langsung terkait cerdas cermat di lingkup Sekolah Dasar di kelurahan bandar dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan belajar. Metode pelaksanaan yaitu dengan mengadakan lomba cerdas cermat dan dilaksanakan di tiga sekolah berbeda yaitu SD Negeri Bandar Lor 1, SDN Negeri Bandar Lor 2, dan SDN Negeri Bandar Lor 3. Populasi dalam kegiatan lomba cerdas cermat yakni kelas tinggi 4,5 dan, 6. Dimana setiap sekolah mengirimkan 3 Tim, yang mana 1 tim berisi 3 siswa dengan kelas yang berbeda. Alat pada kegiatan Lomba Cerdas Cermat terdiri dari beberapa jenis yaitu papan laminating, spidol, LCD proyektor, dan handphone

PDF

References

Adawiyah, R., Asbari, M., & Damayanti, M.S. (2023). Tiga Level Proses Belajar Efektif: Fundamental, Insightful Knowledge, Specific Skill. Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(02), 339–342.

Asbari, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Dosen. Journal Of Communication Education, 13(2), 172.

Asfahani, A., & F. (2020). Pendidikan Anak Supernormal dengan Pendekatan Living Values Education Program (Studi Kasus Kelas Akselerasi MAN 2 Kota Madiun). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01),93.

Dini, J. P. A. U. (2022). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965.

Larasati, A. K., Asbari, M., Pinandita, P. H., & Anggaini, A. D. (2023). (2023).

Implementasi Kurikulum yang Memberdayakan Konteks? Journal of Information System and Management (JISMA), 02(05), 23.

Li, X. (2022). (2022). The Influence of Parenting Styles on Social-Emotional Competence of Children. 2022 5th International Conference on Humanities Education and Social Sciences (ICHESS 2022), 1065–1072.

M. Yemmardotillah, R. I. (2021). Literasi Digital Bagi Keluarga Milenial Dalam Mendidik Anak Di Era Digital. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.223

Maulansyah, R. D., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! Journal of Information System and Management (JISMA), (05), 31–3.

Nuryanti, Y., Novitasari, D., Nugroho, Y. A., Fauji, A., Gazali, & Asbari, M. (2020). (2020). Meningkatkan Komitmen Organisasional Dosen: Analisis Pengaruh Kepemimpinan Perguruan Tinggi dan Kepuasan Intrinsik & Ekstrinsik Dosen. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 561.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2011b). Pedoman Penyelenggaraan PAUD Berbasis Keluarga. . . Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Kementrian Pendidikan Nasional.

Primayana, K. H. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri. . . Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(3), 321.

Widyaningsih, N., & Septarianto, T. W. (2023). Parenting Peran Orang Tua di Era Digital. Indonesian Journal Of Community Service, 3(2), 104–109.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Copyright on any article is retained by the author(s).
  2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
  3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
  5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License