Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat baca peserta didik di SD Negeri Kaliombo. Analisis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu tenaga pendidik dan peserta didik kelas I-V SD Negeri Kaliombo. Didalam kegiatan ini teknik yang digunakan meliputi survei, pelatihan/pengenalan, pembelajaran dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kegiatan pojok baca merupakan program evaluasi yang ada di SD Negeri Kaliombo, 2) Pelaksanaan kegiatan pojok baca dilakukan secara setiap hari. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa di SD Negeri Kaliombo dibutuhkan Akselerasi pembiasaan literasi siswa melalui optimalisasi kegiatan pojok baca.
References
D. P. A. Janawati and N. N. S. Riantini, “Analisis Minat Baca Siswa Kelas 6 Melalui Pojok Baca,” J. Basicedu, vol. 8, no. 1, pp. 119–126, 2024.
N. P. Sagita, H. Y. Passiri, and A. Avicenna, “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Membaca Dalam Bentuk Pojok Baca Siswa di Sekolah Dasar Kelas IV UPT SDN 12 Arungkeke Kabupaten Jeneponto global yang disampaikan sesuai dengan pendidikan siswa . Program GLS ini tidak hanya,” J. Kaji. Penelit. Pendidik. dan Kebud., vol. 2, no. 1, pp. 68–81, 2024.
V. Nomor et al., “Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat Peningkatan Literasi Siswa Melalui Program Pojok Baca,” Rengganis J. Pengabdi. Masy., vol. 4, pp. 35–46, 2024.
D. A. N. Literasi, M. Siswa, and S. Dasar, “OPTIMALISASI POJOK BACA KELAS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR,” J. Edukasi Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 67–73, 2024.
P. Didik, D. I. Smpn, and K. Tangerang, “PEMANFAATAN POJOK BACA KELAS GUNA MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SMPN 20 KOTA TANGERANG,” Reduplikasi, no. 0435, pp. 49–59, 2023.
P. L. Gaol, “PEMANFAATAN POJOK BACA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR,” J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti, vol. 6, pp. 75–86, 2019.
Achmad Nasihi, & Tri Asihati Ratna Hapsari. (2022). MONITORING DAN EVALUASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 1(1), 77–88.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343.