Akselerasi Pembiasaan Literasi Siswa Melalui Optimalisasi Kegiatan Pojok Baca di SDN Kaliombo Kota Kediri
PDF

Keywords

pembiasaan literasi
pojok baca
SDN Kaliomobo

How to Cite

Akselerasi Pembiasaan Literasi Siswa Melalui Optimalisasi Kegiatan Pojok Baca di SDN Kaliombo Kota Kediri. (2024). Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 1(1), 173-181. https://doi.org/10.29407/ckvgse35

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat baca peserta didik di SD Negeri Kaliombo. Analisis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu tenaga pendidik dan peserta didik kelas I-V SD Negeri Kaliombo. Didalam kegiatan ini teknik yang digunakan meliputi survei, pelatihan/pengenalan, pembelajaran dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kegiatan pojok baca merupakan program evaluasi yang ada di SD Negeri Kaliombo, 2) Pelaksanaan kegiatan pojok baca dilakukan secara setiap hari. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa di SD Negeri Kaliombo dibutuhkan Akselerasi pembiasaan literasi siswa melalui optimalisasi kegiatan pojok baca.

PDF

References

D. P. A. Janawati and N. N. S. Riantini, “Analisis Minat Baca Siswa Kelas 6 Melalui Pojok Baca,” J. Basicedu, vol. 8, no. 1, pp. 119–126, 2024.

N. P. Sagita, H. Y. Passiri, and A. Avicenna, “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Membaca Dalam Bentuk Pojok Baca Siswa di Sekolah Dasar Kelas IV UPT SDN 12 Arungkeke Kabupaten Jeneponto global yang disampaikan sesuai dengan pendidikan siswa . Program GLS ini tidak hanya,” J. Kaji. Penelit. Pendidik. dan Kebud., vol. 2, no. 1, pp. 68–81, 2024.

V. Nomor et al., “Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat Peningkatan Literasi Siswa Melalui Program Pojok Baca,” Rengganis J. Pengabdi. Masy., vol. 4, pp. 35–46, 2024.

D. A. N. Literasi, M. Siswa, and S. Dasar, “OPTIMALISASI POJOK BACA KELAS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR,” J. Edukasi Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 67–73, 2024.

P. Didik, D. I. Smpn, and K. Tangerang, “PEMANFAATAN POJOK BACA KELAS GUNA MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SMPN 20 KOTA TANGERANG,” Reduplikasi, no. 0435, pp. 49–59, 2023.

P. L. Gaol, “PEMANFAATAN POJOK BACA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR,” J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti, vol. 6, pp. 75–86, 2019.

Achmad Nasihi, & Tri Asihati Ratna Hapsari. (2022). MONITORING DAN EVALUASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 1(1), 77–88.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Copyright on any article is retained by the author(s).
  2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
  3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
  5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License