Abstract
Salah satu permasalahan yang tengah marak saat ini adalah kejadian bullying di lingkungan Sekolah Dasar. Bullying memiliki dampak negatif seperti gangguan fisik dan mental pada korban. Perilaku ini merupakan bentuk intimidasi yang dilakukan oleh pihak yang lebih kuat terhadap yang lebih lemah, dalam berbagai bentuk. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang bahaya bullying, konsekuensinya, serta untuk mengurangi kasus bullying di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah Participatori Action Research (PAR), dipilih karena dapat mengkombinasikan pemecahan masalah dengan memberikan informasi kepada siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa lebih menyadari keberagaman bentuk bullying dan peran penting siswa dalam mencegahnya di sekolah.
References
Ani, S. D., & Nurhayati, T. (2019). Pengaruh Bullying Verbal Di Lingkungan Sekolah Terhadap Perkembangan Perilaku Siswa. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 8(2), 88–101. https://doi.org/10.24235/edueksos.v8i2.5119
Dafiq, N. D., Claudia Fariday Dewi, Nai Sema, & Sahrul Salam. (2020). Upaya Edukasi Pencegahan Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Manggarai Ntt. Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 120–129.
https://doi.org/10.36928/jrt.v3i3.610
Emilda, E. (2022). Bullying di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, dan Upaya Pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198–207. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2751
Murtiningsih, I. (2021). Penyuluhan Anti Bullying Peserta Didik. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 2(1), 11. https://doi.org/10.32585/ijecs.v2i1.919
Najah, N., Sumarwiyah, S., & Kuryanto, M. S. (2022). Verbal Bullying Siswa Sekolah Dasar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1184–1191. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3060
Octavia, D., Puspita, M., & Yan, L. S. (2020). Fenomena perilaku bullying pada anak di tingkat Sekolah Dasar. Riset Informasi Kesehatan, 9(1), 43. https://doi.org/10.30644/rik.v9i1.273
Rachma, A. W. (2022). Upaya Pencegahan Bullying Di Lingkup Sekolah. Jurnal Hukum Dan Pembangunan Ekonomi, 10(2), 241. https://doi.org/10.20961/hpe.v10i2.62837
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Rahmawati, S. N. (2021). Gambaran Perilaku Bullying Pada Anak Kelas 5 Sd. Jurnal Keperawatan Indonesia Florence Nightingaale, 2(1), 230–238.
Sa’ida, N., Kurnuawati, T., & Wahyuni, H. I. (2022). Edukasi Stop Bullying Pada Anak. Peka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 178–183. https://doi.org/10.33508/peka.v5i2.4440
Setyawati, S. P. (2024). Penguatan Konselor Sebaya sebagai Implementasi Buddy Program untuk Mencegah Bullying di Sekolah. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 3, 14–21.
Tim Sejiwa. (2008). Bullying: Panduan bagi Orang Tua dan Guru Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Grasindo.
Utami, D. S., Daely, L. S., & Haryanto, E. (2017). Pengetahuan Remaja Tentang Bullying di SMA dan SMK PGRI Lembang Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmiah JKA(Jurnal Kesehatan Aeromedika), 3(1), 17–23. https://doi.org/10.58550/jka.v3i1.70
Yamin, A., Shalahudin, I., Rosidin, U., & Somantri, I. (2018). Pencegahan Perilaku Bullying pada Siswa-siswi SMPN 2 Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 293–295. http://journal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19503%0Afile:///C:/Users/HP/Downloads/19503-55628-1-PB.pdf
Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif 9, 1.
ZAKIYAH, E. Z., HUMAEDI, S., & SANTOSO, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352