Abstract
Kegiatan belajar di luar perguruan tinggi salah satunya yaitu Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Universitas Nusantara PGRI Kediri, kegiatan belajar pada KKNT dapat dilakukan oleh 23 mahasiswa dalam suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman belajar, serta dapat mengembangkan bakat, minat dan potensi siswa dengan cara mengenalkan secara langsung terkait cerdas cermat di lingkup Sekolah Dasar di kelurahan bandar dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan belajar. Metode pelaksanaan yaitu dengan mengadakan lomba cerdas cermat dan dilaksanakan di tiga sekolah berbeda yaitu SD Negeri Bandar Lor 1, SDN Negeri Bandar Lor 2, dan SDN Negeri Bandar Lor 3. Populasi dalam kegiatan lomba cerdas cermat yakni kelas tinggi 4,5 dan, 6. Dimana setiap sekolah mengirimkan 3 Tim, yang mana 1 tim berisi 3 siswa dengan kelas yang berbeda. Alat pada kegiatan Lomba Cerdas Cermat terdiri dari beberapa jenis yaitu papan laminating, spidol, LCD proyektor, dan handphone
References
M. Muhammad, “Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran,” Lantanida J., vol. 4, no. 2, hal. 87, 2017, doi: 10.22373/lj.v4i2.1881.
U. Mulbar, “Kata kunci ﻭ,” Kinabalu, vol. 11, no. 2, hal. 50–57, 2013.
S. Rahman, “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” Merdeka Belajar, no. November, hal. 289–302, 2021.
M. Kembara, R. W. Rozak, dan V. A. Hadian, “Research-based Lectures to Improve Students’ 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, and Creativity) Skills,” no. August, 2019, doi: 10.2991/icollite-18.2019.50.
L. P. MARLIANI, “Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” PAEDAGOGY J. Ilmu Pendidik. dan Psikol., vol. 1, no. 2, hal. 125–133, 2021, doi: 10.51878/paedagogy.v1i2.802.
F. Fithriyaani, D. Y. Yudhyarta, dan S. Syarifudin, “Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Motivasi Belajar Siswa,” Asatiza J. Pendidik., vol. 2, no. 2, hal. 138–150, 2021, doi: 10.46963/asatiza.v2i2.332.K. E. C. Sidamanik dan K. A. B. Simalungun, “Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lomba Cerdas Cermat (LCC), PKM,” no. Lcc, 2018.
A. Shofiyani, A. Aisa, K. Nisa’, M. A. I. Lubab, K. Khotimah, dan Y. N. Hajiroh, “Meningkatkan Kekreatifan dan Membangkitkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Lomba Cerdas Cermat di Desa Sidomulyo,” Jumat Pendidik. J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, hal. 15–19, 2023, doi: 10.32764/abdimaspen.v4i1.3155.
A. S. Nasution dan Nurdailah, “Membangkitkan Minat Belajar Siswa Melalui LombaCerdas Cermat,” Pros. Semin. Nas. Has. Pengabdi., hal. 10–13, 2018.