Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pendampingan sertifikasi halal dan pelatihan desain kemasan sebagai upaya peningkatan kualitas produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Rejomulyo. Pendampingan dilakukan dengan tujuan untuk membantu UMKM memperoleh sertifikasi halal yang sesuai dan meningkatkan desain kemasan produk agar lebih menarik dan berdaya saing di pasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengabdian yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan meliputi identifikasi UMKM peserta, penentuan tujuan pendampingan, pengumpulan data kebutuhan sertifikasi halal dan desain kemasan, penyusunan rencana aksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM yang mengikuti pendampingan sertifikasi halal berhasil meningkatkan kredibilitas produk, akses pasar, dan kepatuhan standar produksi. Di sisi lain, UMKM yang mengikuti pelatihan desain kemasan mampu meningkatkan daya tarik produk, diferensiasi produk, dan branding yang konsisten.
References
Juniawan FP, Sujono, Syifania DY, Hamidah. Pembuatan Desain Kemasan Produk Untuk Pemberdayaan Industri Rumah Tangga dengan Metode Participatory Learning and Action. J Pengabdi Masy 2023;7:11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i1.3851.
Mardhotillah RR, Budi E, Putri P, Karya DF, Putra RS, Khusnah H, et al. Pelatihan Sertifikasi Halal dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Pelanggan Sebagai Bagian dari Scale-Up Business Bagi UMKM. J Surya Masy 2022;4:238–46. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jsm.4.2.2022.238-246.
Nadya AQ, Hafidz A ridho, Latifa A, Fikri S. Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM Desa Pondokagung Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. J Penelit dan Pengabdi Masy 2023;1:1–9. https://doi.org/10.61231/jp2m.v1i1.25.
Najib MF, Agustunus Februadi, Tjetjep Djarnika, Wahyu Rafdinal, Carolina Magdalena Lasambouw, Neneng Nuryati. Inovasi Desain Kemasan (Packaging) sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk UMKM di Desa Ciwarua, Kabupaten Bandung Barat. Din J Pengabdi Kpd Masy 2022;6:56–64. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8397.
Nurasia, N., Hidayat, R., & Al Anshori, F. (2021). Pendampingan Pengolahan Pangan dan Pengemasan Produk bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) Bidang Pangan di Kecamatan Bua Kabupaten Luwu. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(4), 49-54.
Pardiansyah E, Abduh M, Najmudin. Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Dengan Skema Self-Declare Bagi Pelaku Usaha Mikro di Desa Domas. J Pengabdi dan Pengemb Masy Indones 2022;1:101–10. https://doi.org/10.56303/jppmi.v1i2.39.
Syukri, Adya Utami, and Andi Nonong Sunrawali, ‘Volume 19 Issue 1 ( 2022 ) Pages 170-182 KINERJA : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen ISSN : 1907-3011 ( Print ) 2528-1127 ( Online ) Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah Digital Marketing in the Development of Micro , Small, and Medium Enterprises, 19.1 (2022), 170–82 https://doi.org/10.29264/jkin.v19i1.10207
Y. Syaharuddin, A. B. Wisesa, F. N. Lunga, and H. Warada, “ABDIMU Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat ; Ekonomi , Manajemen , Bisnis dan Akuntansi Program penghijauan dalam rangka menanamkan kesadaran masyarakat mencintai lingkungan Greening program in order to instill public awareness of loving the environment,” J. ABDIMU, vol. 1, no. 2, p. 92, 2022.
Yudhanto, F., Anugrah, R. A., & Wijaya, O. (2022). Pelatihan Pengemasan Dan Pemasaran Produk Umkm Masyarakat Di Desa Wates Kulon Progo. Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 61-66.
Zakka, N. (2020). Pemberdayaan ekonomi kreatif dan UMKM di masa pandemi melalui digitalisasi. Pancasila bureaucracy, Journal of Regional Government, Development and Innovation, 2(1), 39-48.