Abstract
Di era teknologi saat ini, para pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan media digital. Platform yang umum digunakan untuk kegiatan pemasaran digital adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Twitter, Tiktok. Akan tetapi masih terdapat beberapa UMKM yang belum menerapkan teknologi digital. Salah satu contoh UMKM yang perlu pelatihan dan pendampingan terkait pemasaran digital marketing adalah Kelurahan Tamanan yang berada di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur. Metode pelaksanaan dalam program kuliah kerja nyata tematik ini memiliki fokus utama yaitu mem-branding Soto Ayam Tamanan agar dapat dikenal masyarakat luas sehingga tidak hanya masyarakat Kediri saja. Hasil dari sosialisasi branding soto Tamanan dengan media sosial adalah masyarakat khususnya anggota Paguyuban Soto Tamanan memiliki pemahaman tentang Digital Marketing melalui media sosial yaitu Tiktok, sedangkan hasil dari pembuatan Logo adalah Paguyuban Soto Bok Ijo Tamanan memiliki Logo baru dengan desain logo yang memiliki ciri khas dari paguyuban soto bok ijo Tamanan yaitu terdapat logo gerobak dan tulisan berwarna hijau Dan hasil dari pembuatan Website soto tamanan adalah masyarakat memiliki website guna menyebarluaskan informasi melalui internet tentang letak sentra soto Tamanan, sejarah, serta informasi kontak penjual. Selain itu terdapat juga link yang mengarah ke halaman atau website khusus untuk melakukan pemesanan soto.
References
Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102.
Fanreza, R., & Shilvana, R. (2021). Melatih Pelaku Umkm Dalam Memanfaatan Digital Marketing Upaya Mengembangkan Usaha Berbasis Teknologi Di Dusun Vii Manunggal. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 1179–1184.
Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan digital marketing bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 77–85.
Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media sosial dalam mempererat interaksi antar keluarga di desa Esandom kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1).
Mas’ udah, K. W., Wuryandari, Y., Nathania, Y., Andriani, N., Zhalsabilla, R. Y., Pratama, E. P., & Zakqy, N. (2022a). Pendampingan UMKM dalam Meningkatkan Branding dan Legalitas di Desa Pulosari. KARYA UNGGUL-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 185–197.
Mas’ udah, K. W., Wuryandari, Y., Nathania, Y., Andriani, N., Zhalsabilla, R. Y., Pratama, E. P., & Zakqy, N. (2022b). Pendampingan UMKM dalam Meningkatkan Branding dan Legalitas di Desa Pulosari. KARYA UNGGUL-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 185–197.
Muhardono, A., & Satrio, D. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm di Desa Kertoharjo Kelurahan Kuripan Kertoharjo. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 359–368.
Putri, I. D., & Purwanto, A. (t.t.). Journal of Community Service and Engagement (JOCOSAE).
Rahmawati, D., Sutrisno, W., Maskuri, A., & Prabaswari, A. D. (2024). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Catering Snack di Dukuh Kalangan Desa Genengsari. Journal of Appropriate Technology for Community Services, 5(1), 103–111.
Widiawati, H. S., Linawati, L., Nurdiwaty, D., Winarko, S. P., Faisol, F., & Zaman, B. (2024). Pelatihan Akuntansi dan Pemasaran Digital untuk UMKM Anggota Koperasi SAKTI di Kota Kediri. BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 33–42.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License