Abstract
Kelurahan Bangsal merupakan salah satu kelurahan di Kota Kediri yang memiliki potensi
sebagai sentra pengrajin jaranan, salah satunya adalah Angel Galeri yang merupakan pengrajin jaranan
barongan. Tik Tok merupakan sebuah aplikasi jejaring sosial dan platform dimana pengguna bisa
membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek lengkap dengan filter dan disertai musik sebagai
pendukung. KKN-T Kelompok 36 Universitas Nusantara PGRI Kediri berupaya untuk memperbesar pasar
jaranan hingga skala Nasional melalu video, dengan cara edukasi pembuatan video pendek dan pemasaran
kepada pengrajin jaranan menggunakan media sosial Tik Tok. Metode yang dilaksanakan yaitu survey dan
wawancara yang diunggah melalui video youtube sebagai sarana promosi edukasi khalayak mengenai
pengrajin jaranan di Kelurahan Bangsal skala Nasional. Kemudian, sosialisasi pembuatan video Tik Tok
dengan key person yaitu “influencer jaranan” yaitu Bapak Zainal. Hasil pengabdian masyarakat ini,
pemasaran, pengenalan dan penjualan produk kian meningkat, diikuti followers dan viewers Tik Tok
Angel Galeri. Pemasaran barongan mulai dilakukan di Tik Tok shop dengan berbagai jenis dan harga
barongan sesuai dengan permintaan pasar. Diharapkan keberlanjutan penggunaan media social Tik Tok
dapat memperbesar penghasilan Angel Galeri dan turut mengedukasi masyarakat tentang “kesenian
jaranan” sebagai salah satu seni budaya yang harus dilestarikan.
References
Al-Amin, T. (2016). Peran Modal Sosial Dalam Program Penanggulangan Kemiskinan Di Kelurahan
Betet Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam,
(1), 49–64.
Dewi, N. P. A., Fajariah, F., & Suardana, I. M. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic
of Mouth pada Platform TikTok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Kompeten: Jurnal
Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 1(4), 178–190.
Evi, M., Dewi, L. O. A., & Amarjupi, D. S. (2022). Pengaruh Strategi Marketing E-Commerce
Shopee Dan Media Tiktok Dalam Perspektif Nilai Edukasi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan
Pendidikan), 6(3).
Felix, A., Yurisca, D., Kembau, A. S., Sutrisno, J., & Maitri, F. (2024). PEMANFAATAN TIKTOK
DALAM STRATEGI PEMASARAN: STUDI KASUS NAUGHTY INDONESIA DAN
PELATIHAN TIM PEMASARAN DIGITAL. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(1), 707–716.
Guarda, T., Augusto, M. F., Victor, J. A., Mazón, L. M., Lopes, I., & Oliveira, P. (2021). The impact
of tiktok on digital marketing. Dalam Marketing and Smart Technologies: Proceedings of
ICMarkTech 2020 (hlm. 35–44). Springer.
Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan media sosial tik tok sebagai media
kampanye gerakan cuci tangan di indonesia untuk mencegah covid-19. Communiverse: Jurnal
Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80.
Hidayah, N. (2018). Analisis strategi digital marketing dalam membantu penjualan living space dan
efo store.
Susilowati, S. (2018). Pemanfaatan aplikasi Tiktok sebagai personal branding di instagram (studi
deskriptif kualitatif pada akun@ bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185.
Tjiptono, F. (1995). Strategi pemasaran. Andi offset.