Analisis Manfaat Sosial Media Tiktok Terhap Pemasaran Kerajinan Jaranan di Kelurahan Bangsal
PDF

Keywords

Angel Galeri
Bangsal
jaranan
Tiktok

How to Cite

Nafiudin, M. ., Fahriszal, J. ., & Tanjungsari, A. . (2024). Analisis Manfaat Sosial Media Tiktok Terhap Pemasaran Kerajinan Jaranan di Kelurahan Bangsal. Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.29407/ncce.v1i1.4884

Abstract

Kelurahan Bangsal merupakan salah satu kelurahan di Kota Kediri yang memiliki potensi
sebagai sentra pengrajin jaranan, salah satunya adalah Angel Galeri yang merupakan pengrajin jaranan
barongan. Tik Tok merupakan sebuah aplikasi jejaring sosial dan platform dimana pengguna bisa
membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek lengkap dengan filter dan disertai musik sebagai
pendukung. KKN-T Kelompok 36 Universitas Nusantara PGRI Kediri berupaya untuk memperbesar pasar
jaranan hingga skala Nasional melalu video, dengan cara edukasi pembuatan video pendek dan pemasaran
kepada pengrajin jaranan menggunakan media sosial Tik Tok. Metode yang dilaksanakan yaitu survey dan
wawancara yang diunggah melalui video youtube sebagai sarana promosi edukasi khalayak mengenai
pengrajin jaranan di Kelurahan Bangsal skala Nasional. Kemudian, sosialisasi pembuatan video Tik Tok
dengan key person yaitu “influencer jaranan” yaitu Bapak Zainal. Hasil pengabdian masyarakat ini,
pemasaran, pengenalan dan penjualan produk kian meningkat, diikuti followers dan viewers Tik Tok
Angel Galeri. Pemasaran barongan mulai dilakukan di Tik Tok shop dengan berbagai jenis dan harga
barongan sesuai dengan permintaan pasar. Diharapkan keberlanjutan penggunaan media social Tik Tok
dapat memperbesar penghasilan Angel Galeri dan turut mengedukasi masyarakat tentang “kesenian
jaranan” sebagai salah satu seni budaya yang harus dilestarikan.

https://doi.org/10.29407/ncce.v1i1.4884
PDF

References

Al-Amin, T. (2016). Peran Modal Sosial Dalam Program Penanggulangan Kemiskinan Di Kelurahan

Betet Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam,

(1), 49–64.

Dewi, N. P. A., Fajariah, F., & Suardana, I. M. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic

of Mouth pada Platform TikTok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Kompeten: Jurnal

Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 1(4), 178–190.

Evi, M., Dewi, L. O. A., & Amarjupi, D. S. (2022). Pengaruh Strategi Marketing E-Commerce

Shopee Dan Media Tiktok Dalam Perspektif Nilai Edukasi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan

Pendidikan), 6(3).

Felix, A., Yurisca, D., Kembau, A. S., Sutrisno, J., & Maitri, F. (2024). PEMANFAATAN TIKTOK

DALAM STRATEGI PEMASARAN: STUDI KASUS NAUGHTY INDONESIA DAN

PELATIHAN TIM PEMASARAN DIGITAL. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(1), 707–716.

Guarda, T., Augusto, M. F., Victor, J. A., Mazón, L. M., Lopes, I., & Oliveira, P. (2021). The impact

of tiktok on digital marketing. Dalam Marketing and Smart Technologies: Proceedings of

ICMarkTech 2020 (hlm. 35–44). Springer.

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan media sosial tik tok sebagai media

kampanye gerakan cuci tangan di indonesia untuk mencegah covid-19. Communiverse: Jurnal

Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80.

Hidayah, N. (2018). Analisis strategi digital marketing dalam membantu penjualan living space dan

efo store.

Susilowati, S. (2018). Pemanfaatan aplikasi Tiktok sebagai personal branding di instagram (studi

deskriptif kualitatif pada akun@ bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185.

Tjiptono, F. (1995). Strategi pemasaran. Andi offset.